Akses Jalan Temerimbi terbuka pascagempa Majene

id Akses jalan

Akses Jalan Temerimbi terbuka pascagempa Majene

Akses jalan Dusun Tamerimbi Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene terbuka dan sudah dapat diakses masyarakat setelah gempa, (23/01/2021) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Akses jalan Dusun Tamerimbi Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat terbuka dan sudah dapat diakses masyarakat setelah gempa.

"Akses jalan mulai terbuka setelah pemerintah membuka jalan tersebut dengan menggunakan alat berat," kata Kepala Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene, Fakhruddin, di Mejene, Selasa.

Ia mengatakan, lebih dari sebulan akses jalan menuju Desa Tamerimbi tertutupi material longsor setelah gempa terjadi.

"Terima kasih kepada seluruh relawan, dan pemerintah yang selama ini membantu masyarakat kami setelah gempa terjadi," katanya.

Ia berharap pemerintah juga segera memverifikasi data kerusakan rumah, dan verifikasi lokasi perkampungan apakah layak untuk ditempati atau harus di relokasi setelah gempa ini.

"Kami juga minta difasilitasi penerangan listrik untuk masyarakat di pengungsian dan telah kehilangan tempat tinggal akibat gempa, agar masyarakat semakin terbantu menghadapi kesulitan dalam bencana ini," katanya.

Ia juga berharap agar masyarakat segera mendapatkan hunian yang layak dari pemerintah ini setelah gempa terjadi.

Jumlah pengungsi gempa di Sulbar secara keseluruhan mencapai 91.003 orang, jumlah pengungsi terbanyak berasal dari Kabupaten Mamuju, sebanyak 58.123 orang, di Kabupaten Kabupaten Majene sebesar 25.737 orang, sementara pengungsi Kabupaten Polman sebanyak 5.343 orang.

Jumlah pengungsi tersebut kemudian berkurang dan tersisa 36.947 setelah lebih dari sebulan gempa melanda, pengungsi tersebut berada 194 titik pengungsian di Kabupaten Mamuju dan kabupaten Majene.

Menurut dia, untuk data korban meninggal dunia sebanyak 105 orang, dengan rincian 95 orang di Kabupaten Mamuju, 10 orang.

Baca juga: Pemprov Sulbar diminta perjuangkan Inpres Rehab-Rekon pascagempa
Baca juga: Pemkab Majene relokasi warga di 15 dusun terdampak gempa