Kemenpan beri penghargaan evaluasi SAKIP kepada Pemkot Palu

id SAKIP, sekkot palu, asri, penghargaan SAKIP, Menpan-RB, Pemkotpalu, sulteng

Kemenpan beri penghargaan evaluasi SAKIP kepada Pemkot Palu

Sekretaris daerah Kota (Sekkot) Palu, Asri (tengah) berpose bersama sambil memegang piagam penghargaan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, di Jakarta, Kamis (22/4/2021). ANTARA/HO/Humas Pemkot Palu

Dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo selalu menekankan bahwa birokrasi harus bekerja memanfaatkan anggaran dengan efektif dan efisien di tengah semakin banyaknya kebutuhan pembangunan, apa yang di tekankan Presiden telah kami lakukan
Palu (ANTARA) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) memberikan penghargaan predikat B kepada Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah terkait hasil evakuasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

Penghargaan hasil evaluasi tersebut, diserahkan Menpan-RB Tjahjo Kumolo diterima Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Palu Asri dan sejumlah perwakilan kabupaten/kota dalam acara SAKIP RB Award 2020 di Jakarta, Kamis.

Sekkot dalam keterangan tertulisnya diterima, di Palu mengatakan, penghargaan itu tidak terlepas dari kerja keras yang lakukan pegawai di jajaran pemerintahan tersebut dalam memantapkan kinerja.

"Dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo selalu menekankan bahwa birokrasi harus bekerja memanfaatkan anggaran dengan efektif dan efisien di tengah semakin banyaknya kebutuhan pembangunan, apa yang di tekankan Presiden telah kami lakukan," ujar Asri.

Pelaksana tugas, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan-RB Agus Uji Hantara menyatakan, penerapan SAKIP di instansi pemerintah diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran.

Oleh karena itu, Kemenpan-RB setiap tahunya melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja guna mengukur pengelolaan anggaran negara yang berorientasi pada hasil.

Sehingga, melalui evaluasi tersebut, Kemenpan-RB menyusun profil instansi pemerintah berdasarkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran.

"Semakin tinggi nilai akuntabilitas kinerja, maka semakin tinggi pula efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran pada suatu instansi pemerintahan,” kata Agus.