Bupati Buol minta Satgas Saber Pungli harus kedepankan keadilan

id pemkab buol,bupati buol,amirudin rauf,satgas saber pungli,kabupaten buol

Bupati Buol  minta Satgas Saber Pungli harus kedepankan keadilan

Bupati Buol Amirudin Rauf (Dok Iqbal)

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Buol, Sulawesi Tengah, Amirudin Rauf meminta tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) harus memberikan keadilan kepada masyarakat dan pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

"Salah satu fungsi penting keberadaan Satgas Saber Pungli adalah menciptakan rasa keadilan, menciptakan ketertiban, menempatkan rakyat sama rata di hadapan hukum," ucap Amirudin Rauf di Buol, Rabu.

Bupati mengatakan implementasi tugas dan fungsi tim Satgas Saber Pungli dapat diarahkan pada tujuan besar untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih baik dan pemerintahan yang bersih.

"Kabupaten Buol mendapat rangking Saber Pungli terbaik menurut Satgas Provinsi Sulteng, sehingga peran ini harus benar-benar diimplementasikan sebagai usaha mewujudkan 'good governance'," kata Bupati.

Menurut Rauf, Satgas Saber PUngli dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sangat erat kaitannya dengan hajat hidup masyarakat, oleh karena itu penting untuk mengedepankan keadilan.

Satgas Saber Pungli, kata dia, berkaitan erat dengan hajat hidup masyarakat seperti di SPBU dan dana BLT, sehingga pentingnya sinkronisasi antara pemerintah sebagai pelaksana kegiatan dengan Forkopimda sebagai pelopor penegakan aturan.

"Sebagai pemerintah daerah, untuk menciptakan rasa keadilan bagi masyarakat saya harap kepolisian dapat melakukan penertiban seperti penggunaan jerigen di SPBU karena hal ini menjadi keluhan masyarakat,” ujar Rauf.

Bupati mengatakan bahwa upaya membangun pemerintahan yang baik, diperlukan kesamaan sikap, sinergitas tindakan, dan sinkronisasi bersama dalam penyelesaian masalah utamanya terkait pungutan liar. 

“Susbtansinya adalah Satgas ini mampu menjadi solusi dari disparitas fakta dan penegakan aturan. Tupoksi kita adalah memastikan sejalannya fakta dan aturan, dan harapan saya Satgas Saber Pungli memberikan keadilan dan melindungi keselamatan dan kemakmuran rakyat,” ujar Bupati Buol.