Satgas COVID-19 tutup kawasan wisata religi Sapuro

id Satgas COVID Pekalongan, tutup wisata religi

Satgas COVID-19 tutup kawasan wisata religi Sapuro

Para pedagang lapak yang berjualan di kawasan objek wisata Sapuro Pekalongan, Jawa Tengah, berhenti berjualan seiring dengan ditutupnya sementara kawasan itu untuk antisipasi penyebaran COVID-19. ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan

Pekalongan (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menutup sementara di kawasan wisata religi Makam Sapuro Pekalongan sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19.

Pengendali kawasan wisata religi Makam Sapuro Kota Pekalongan Inspektur Dua Muqorrobib di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa penutupan sementara kawasan religi ini menyusul usai adanya kegiatan pengawasan dan penegakan protokol kesehatan oleh Tim Satgas COVID-19.

"Dari kegiatan tersebut, tim satgas COVID-19 mengingatkan pada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan ketat sekaligus tes cepat antigen secara acak terhadap sejumlah peziarah, pedagang, serta masyarakat," tutur-nya.

Ia mengatakan pada pelaksanaan tes cepat antigen di lokasi wisata Makam Sapuro diketahui ada seorang warga setempat yang reaktif dan sudah dilakukan pelacakan terhadap keluarga yang bersangkutan.

Dengan adanya penutupan lokasi wisata religi Makam Sapuro tersebut maka kendaraan bernomor pelat nomor polisi luar daerah, khususnya dari daerah-daerah zona merah maupun bus yang membawa rombongan peziarah diminta putar balik.

Akses masuk ke kawasan wisata Makam Sapuro juga dijaga ketat oleh tim gabungan Satgas COVID-19 di antaranya kepolisian, TNI, satuan politik pamong praja (Satpol PP), dinas perhubungan, dinas kesehatan, dan BPBD.

"Mungkin penutupan akan berkelanjutan sesuai arahan tim Satgas Penanganan COVID-19. Kawasan wisata religi Makam Sapuro tersebut juga akan dijaga oleh tim satgas selama 24 jam," ujarnya.