Menkes: RS Pratama Tambu Untuk Masyarakat Miskin

id menkes

Menkes: RS Pratama Tambu Untuk Masyarakat Miskin

Farid Moeloek (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengatakan Rumah Sakit Pratama yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Donggala, di Desa Tambu, Kecamatan Balaesang, merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat miskin di kabupaten tersebut.

"Rumah Sakit ini harus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat ekonomi menengah ke bawah, dengan sebaik mungkin tanpa ada diskriminasi," kata Nila Farid Moeloek, di Tambu, Selasa (1/3).

Menkes mengatakan rumah sakit wajib untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, tanpa harus ada pembatasan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Bahkan, kata dia, masyarakat miskin di daerah tersebut yang membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah sakit itu, jangan di persulit. Melainkan dilayani dan ditangani secara medis dengan baik.

"Kita ingin mewujudkan bahwa pemerintah adalah pelayan masyarakat, oleh karenanya jika masyarakat membutuhkan pelayanan di bidang kesehatan maka harus segera ditangani dengan baik," katanya.

Dirinya mengatakan keberadaan rumah sakit pratama di Desa Tambu, menjadi pilihan pemerintah yang telah didukung dengan berbagai analisis sebelum dibangun, untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dengan demikian, sebut dia, masyarakat di Kecamatan Balaesang dan sekitarnya dapat dengan mudah memperoleh pelayanan kesehatan berdasarkan keluhan penyakit yang di derita.

"Kami berharap dengan adanya rumah sakit ini, masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, serta dapat diberikan pelayanan kesehatan yang maksimal," ujarnya.

Sebagai langkah awal, pemerintah Kabupaten Donggala menempatkan tiga dokter ahli pada rumah sakit tersebut, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah tersebut.

Tiga dokter ahli tersebut yakni, ahli kandungan, penyakit dalam dan penyakit anak. Selain itu Pemkab Donggala tengah menyekolahkan kurang lebih tiga dokter ke luar daerah, yang nantinya akan ditempatkan pada rumah sakit tersebut.

RS Pratama yang terletak di Desa Tambu, di resmikan oleh Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek, dalam kunjungan kerjanya di daerah Sulawesi Tengah, Selasa (1/3) di dampingi oleh Bupati Kabupaten Donggala Kasman Lassa, dan seluruh muspida di daerah tersebut.