UIN Palu-IAIN Gorontalo bersinergi tingkatkan mutu akademik

id mutu akademik,UIN Palu,UIN Datokarama,IAIN Gorontalo,Prof Sagaf Pettalongi

UIN Palu-IAIN Gorontalo  bersinergi tingkatkan mutu akademik

Pertemuan antara Rektor UIN Palu Prof Sagaf Pettalongi (kanan) dengan Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr Zulkarnaen Suleman, di Palu, Jumat (13/5/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bersinergi dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo untuk meningkatkan mutu akademik dua perguruan tinggi Islam negeri di dua provinsi tersebut.

"IAIN Sultan Amai Gorontalo menjadi salah satu mitra strategis dalam hal peningkatan mutu akademik, serta peningkatan kualitas layanan akademik, termasuk dalam hal optimalisasi penerapan konsep moderasi beragama," kata Rektor UIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi, dihubungi dari Palu, Jumat.

Rektor UIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi dengan Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Dr H Zulkarnaen Suleman bertemu untuk membahas optimalisasi pengembangan mutu akademik, moderasi beragama, serta pengembangan kelembagaan di dua perguruan tinggi negeri tersebut.



Pertemuan dua tokoh tersebut berlangsung di ruang kerja Rektor UIN Palu Prof Sagaf Pettalongi, di Palu, Jumat.

Sinergitas UIN Palu dengan IAIN Sultan Amai Gorontalo, kata Prof Sagaf, merupakan tindak lanjut tri dharma perguruan tinggi pada aspek pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Melalui sinergitas ini, dua perguruan tinggi Islam negeri tersebut akan saling melibatkan para dosen dalam kegiatan-kegiatan akademik seperti lokakarya, seminar, kuliah umum, dan FGD.

"Sehingga para dosen bisa saling berdiskusi dan berbagi pengetahuan dan pengalaman," kata Prof Sagaf yang juga Guru Besar Manajemen Pendidikan.



Dua perguruan tinggi tersebut juga sepakat akan melakukan kolaborasi riset yang melibatkan para dosen. Tidak hanya itu, pada aspek pengabdian masyarakat, UIN Palu dan IAIN Gorontalo akan melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat dari aspek pendidikan, sosial, dan keagamaan.

"Pengabdian masyarakat ini salah satu yang bisa dilakukan adalah bagaimana meningkatkan pemahaman masyarakat tentang moderasi beragama. Sehingga tercipta situasi kamtibmas yang baik di wilayah Sulteng dan Gorontalo," ujarnya.

Terkait hal itu, Rektor IAIN Sultan Dr Zulkarnaen Suleman berterima kasih kepada Rektor Prof Sagaf Pettalongi serta seluruh komponen sivitas akademika UIN Palu yang telah menyambut baik kehadiran rombongan IAIN Gorontalo.



"Sinergitas antarlembaga pendidikan dalam rangka optimalisasi tri dharma perguruan tinggi yang berdampak pada peningkatan mutu akademik sangat penting dilakukan. UIN Palu menjadi satu mitra yang strategis dalam mendukung peningkatan mutu akademik IAIN Gorontalo," katanya.
Pertemuan antara pihak UIN Palu dengan pihak IAIN Sultan Amai Gorontalo, di Palu, Jumat (13/5/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022