Kemenkes: Sikapi kenaikan kasus di tengah pandemi sebagai waspada

id Kenaikan kasus,Pandemi ,COVID-19,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Kemenkes: Sikapi kenaikan kasus di tengah pandemi sebagai waspada

Tangkapan layar Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril dalam bincang-bincang bertema "Perkembangan Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia" yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (13/6/2022). (ANTARA/ Zubi Mahrofi)

Jakarta (ANTARA) -
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril menyampaikan bahwa kenaikan kasus COVID-19 di tengah pandemi merupakan hal wajar selama terkendali.
 
"Jadi kita sikapi saja sebagai bagian kita waspada karena kita masih masa pandemi walaupun pandeminya terkontrol, yang penting tidak terjadi lonjakan yang buruk," ujar Syahril dalam bincang-bincang bertema "Perkembangan Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia" yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Ia mengharapkan penggunaan masker di masyarakat menjadi budaya sebagai hidup sehat sekaligus mencegah penularan COVID-19.
 
"Protokol kesehatan salah satunya adalah memakai masker itu harus dijadikan budaya hidup sehat, kapan kita harus pakai dan kapan kita harus lepas, itu ada di kita dalam hal pengendaliannya," katanya.
 
Dalam kesempatan sama, Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Reisa Broto Asmoro menambahkan meski Indonesia sudah siap masuk ke dalam fase endemi, namun kebijakan pelonggaran penggunaan masker di ruang publik di tempat terbuka harus disikapi masyarakat dengan cara yang bijak.
 
"Meskipun sekarang terkontrol tapi situasi status pandemi belum dicabut. Kita pun tidak bisa mengartikan bahwa dengan adanya pelonggaran kebijakan itu kita menganggapnya disarankan," katanya.