Bupati minta Perpusnas bangun perspustakaan di Kabupaten Morut

id Sulteng,sandi,palu,morut,perpusnas,perpustakaan

Bupati minta Perpusnas bangun perspustakaan di Kabupaten Morut

Bupati Morut memaparkan kondisi Kabupaten Morut di Kantor Perpusnas RI di Jakarta, Jumat (17/6). ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meminta Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI agar dapat membangun perpustakaan di daerah itu.



“Keberadaan perpustakaan sangat penting dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat. Sampai saat ini daerah kami belum memiliki perpustakaan sehingga kami minta agar Perpusnas dapat membantunya,”kata Bupati Morut Delis Julkarson Hehi yang dihubungi dari Palu, Sabtu, usai memaparkan kondisi Kabupaten Morut di Kantor Perpusnas di Jakarta pada Jumat (17/6).



Saat ini, lanjut dia, Pemerintah Kabupaten Morut tengah fokus dan berupaya  agar semua warganya memiliki kecerdasan intelektual yang mumpuni  yang menjadi salah satu visi dan misi utama sehingga keberadaan perpustakaan sebagai tempat untuk menambah wawasan dan pengetahuan sangat penting untuk menggapai visi dan misi tersebut. 



Ia yakin jika Morut memiliki perpustakaan, partisipasi masyarakat untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan literasi pasti akan meningkat. 



“Permintaan ini saya sudah sampaikan kepada Kepala Perpusnas saat memaparkan kondisi Morut di Kantor Perpusnas di Jakarta, kemarin. Semoga dalam waktu dekat permintaan kami dapat dikabulkan dan direalisasikan,”ujarnya.



Perpusnas, kata Delis, menyambut baik permintaan mereka dan berjanji memperjuangkan agar perpustakaan yang dikelola oleh Perpusnas dan Pemerintah Kabupaten Morut dapat segera dibangun.



Apalagi dalam 10 sampai 15 tahun mendatang, Morut akan menjadi pusat industri utamanya industri tambang sehingga literasi masyarakat harus ditingkatkan mulai dari sekarang.



 

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022