Bupati Sigi: Habib Saggaf berkontribusi besar bangun SDM

id Habib Saggaf ,Alkhairaat,Haul Habib Saggaf Aljufri,Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan

Bupati Sigi: Habib Saggaf  berkontribusi besar bangun SDM

Suasana haul ke I Habib Saggaf Bin Muhammad Aljufri, di Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo, Sigi, Jumat malam (29/7/2022) (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan Habib Sayyid Saggaf Bin Muhammad Aljufri semasa hidupnya berkontribusi besar dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) di wilayah Sulawesi Tengah dan Kawasan Timur Indonesia.

"Jasa-jasa yang ditorehkan Habib Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) dan Habib Saggaf Bin Muhammad Aljufri sangat besar untuk kemajuan bangsa ini, melalui pendirian dan optimalisasi peran Alkhairaat dalam pembinaan umat," kata Mohamad Irwan di Sigi, Sulteng, Sabtu.

Pernyataan Bupati Sigi Mohamad Irwan terkait dengan pelaksanaan haul ke-1 Habib Saggaf Bin Muhammad Aljufri.

Habib Saggaf Bin Muhammad Aljufri merupakan cucu ulama sekaligus pendiri Alkhairaat Habib Idrus Bin Salim Aljufri atau lebih dikenal dengan sebutan Guru Tua.

Habib Saggaf Bin Muhammad Aljufri merupakan Ketua Utama Alkhairaat. Ia wafat di Rumah Sakit Alkhairaat di Kota Palu pada Selasa  3 Agustus 2021 pukul 15.50 Wita, saat menjalani perawatan karena sakit.

Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri menjadi Ketua Utama Alkhairaat sejak tahun 1975. Semasa hidup, dia dikenal sebagai Muslim yang religius, dermawan, cinta belajar dan gemar mengajar.

Saat ia menjabat Ketua Utama Alkhairaat, Alkhairaat berkembang pesat memiliki 1.400 madrasah yang tersebar di kawasan timur Indonesia. Alkhairaat juga memiliki perguruan tinggi yang diberi nama Universitas Alkhairaat (Unisa), juga memiliki Rumah Sakit Umum Alkhairaat.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan langkah Habib Saggaf mendorong kemaslahatan umat melalui pendidikan merupakan langkah fundamental dan pondasi kokoh memajukan serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Maka kontribusi Guru Tua dan Habib Saggaf tidak diragukan lagi, mereka adalah sosok pencerah dan guru bangsa," ujarnya.

Mohamad Irwan mengajak umat Islam untuk meneladani Guru Tua dan Habib Saggaf Bin Muhammad Aljufri, yaitu mempelajari dan meneruskan manfaat yang telah mereka berikan untuk orang lain.

"Seseorang yang diperingati haulnya karena telah memberikan banyak jasa kepada agama dan masyarakat," ungkapnya.

Haul ke-1 Habib Saggaf Bin Muhammad Aljufri dilaksanakan oleh Pengurus Besar Alkhairaat di Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo, Kabupaten Sigi, Jumat (29/7) malam. Haul itu dihadiri oleh 20.000 umat Islam di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

 
Puluhan ribu umat Islam menghadiri Haul Ke-1 Habib Saggaf Bin Muhammad Aljufri di Sigi, Jumat  (29/7/2022) malam. (ANTARA/Muhammad Hajiji)