UIN Palu utus 37 mahasiswa ikuti lomba Pesona di Bandung

id UIN Palu,UIN Datokarama,Pesona I,PTKIN,Idhan,Kemenag

UIN Palu utus 37 mahasiswa ikuti lomba Pesona di Bandung

Para utusan mahasiswa/mahasiswi UIN Datokarama Palu menghadiri seremoni pelepasan kontingen Pedona I Tahun 2022, yang berlangsung di UIN Palu, Jumat (5/8/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah,  mengutus 37 orang mahasiswa dan mahasiswi untuk mengikuti kegiatan Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) tahun 2022 yang digelar di Bandung, Provinsi Jawa Barat. 

"UIN Palu tidak sekedar ikut memeriahkan kegiatan nasional ini, melainkan harus meraih prestasi," ucap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Palu Dr M Idhan, usai kegiatan pelepasan kontingen tersebut di Palu, Jumat.

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) menyelenggarakan Pesona I Tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) tahun 2022 yang dipusatkan di UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Jawa Barat, 18 - 23 Agustus 2022.

"Melalui kegiatan Pesona ini diharapkan dapat mengukur capaian pembelajaran dan kualitas mahasiswa PTKN," ujarnya.

Idhan menjelaskan mahasiswa/mahasiswi UIN Palu mengikuti lomba Pesona tersebut meliputi bidang olahraga, antara lain tenis meja, catur, pencak silat, karate, taekwondo, bulu tangkis, futsal, dan panjat tebing.

"Sementara kegiatan lomba seni yang diikuti mahasiswa/mahasiswi kami, antara lain musabaqah tilawatil quran,  hifzdil quran, pop solo Islami dan kaligrafi," ujarnya.

Ia optimistis UIN Palu bisa meraih prestasi pada kegiatan Pesona tersebut karena duta seni dan olahraga dari PTKN di Sulawesi Tengah itu telah dipersiapkan dengan matang.

"Mahasiswa dan mahasiswa yang diutus ini merupakan hasil seleksi yang ketat dan mereka telah menjalani latihan yang intensif, sehingga diharapkan dapat bertanding secara maksimal untuk meraih medali nanti," ungkap Idhan yang juga Pimpinan Kontingen UIN Palu pada kegiatan tersebut.

Ia juga menyebutkan beberapa mahasiswa/mahasiswi tersebut telah memiliki pengalaman bertanding tingkat nasional, di antaranya Firdha Nurul Aswa meraih medali emas pada kejuaraan nasional taekwondo tahun 2022. 

Selain itu, Dinda Nuraisyah pernah meraih juara dua kejuaraan nasional karate tahun 2021.
 
Foto bersama kontingen UIN Datokarama Palu pada acara pelepasan kontingen Pesona I tahun 2022 di UIN  Datokarama Palu, Jumat (5/8/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022