Waketum: NasDem optimistis jadi peserta pemilu 2024

id Ahmad Ali,NasDem,DPP NasDem,Pemilu 2024,Matu ,Verifikasi kpu

Waketum: NasDem optimistis jadi peserta pemilu 2024

Wakil Ketua Umum Partai NasDem H Ahmad M Ali, di Palu, Rabu (10/8/2022) (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Waketum Nasdem) Ahmad M Ali mengatakan bahwa partainya optimistis akan menjadi salah satu peserta pemilu di tahun 2024. 

"Partai Nasdem meyakini bahwa di 2024 akan menjadi salah satu peserta pemilu," kata Ali, di Palu, Rabu. 

Ali mengatakan saat ini Partai Nasdem tengah bersiap menghadapi verifikasi administrasi, setelah partainya melakukan pendaftaran di KPU RI pada Senin (1/8). 

Sesuai Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor Nomor 55/PUU-XVIII/2020 menyebutkan bahwa partai politik yang telah lolos verifikasi Pemilu 2019 dan memenuhi ketentuan Parliamentary Threshold pada Pemilu 2019 tetap diverifikasi secara administrasi, tetapi tidak diverifikasi secara faktual. 

"Partai Nasdem menjadi salah satu partai politik yang memenuhi Parliamentary Threshold, sehingga tidak diverifikasi faktual, melainkan hanya verifikasi administrasi," ujar H Matu sapaan akrab Ahmad M Ali.

Ahmad Ali yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Tadulako mengatakan Partai Nasdem telah menyerahkan seluruh dokumen yang berkaitan dengan persyaratan administrasi melalui aplikasi Sipol KPU RI. 

Ia menguraikan dokumen administrasi itu meliputi komposisi dan struktur pengurus pusat, provinsi, kabupaten dan kota serta kecamatan. 

"Komposisi dan struktur Partai Nasdem mulai tingkat pusat sampai tingkat kecamatan sudah 100 persen masuk di aplikasi Sipol KPU," ujar Ketua Umum PW DMI Sulteng ini.

Ia menambahkan Partai Nasdem selain memasukkan syarat administrasi 32 persen keterwakilan perempuan, juga persyaratan kantor sekretariat di semua tingkatan tersebut.

"Jadi, saat ini Nasdem bersiap diri hadapi verifikasi administrasi lanjutan oleh KPU," ujarnya lagi.