Menteri KP: Harkanas ke-9 pertama kali berlangsung di daerah

id Harkanas, KKP, menteri KP, Sakti Trenggono ,Parigi Moutong, Sulteng

Menteri KP:  Harkanas ke-9 pertama kali berlangsung di daerah

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono meninjau stan pameran UMKM hasil olahan perikanan pada momen peringatan puncak Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Senin (21/11/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan perhelatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pertama kali berlangsung di daerah atau luar ibu kota negara.
 
"Biasanya peringatan Harkanas dilaksanakan di ibu kota negara, namun kali ini kita mencoba sesuatu hal yang baru sekaligus melihat potensi daerah pada sektor kelautan dan perikanan lewat momentum ini," kata Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono saat menghadiri hari puncak peringatan Harkanas di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Senin.
 
Ia mengemukakan, Parigi Moutong salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan cukup strategis untuk dikembangkan, ditunjang dengan panjang garis pantai kurang lebih 472 kilometer berada di kawasan Teluk Tomini.
 
Oleh karena itu, Harkanas yang diperingati setiap tanggal 21 November menjadi momentum untuk merefleksikan kembali pentingnya makan ikan bagi masyarakat, yang mana tidak hanya selesai pada tataran seremonial, namun perlu diimplementasikan dalam bentuk program dan kegiatan yang memberikan dampak positif terhadap sosial ekonomi.
 
"Di kesempatan ini saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan para pihak yang sudah terlibat menyukseskan agenda nasional ini," ujar Sakti.
 
Agenda nasional KKP ini pertama kali dilaksanakan pada 21 November 2014 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya ikan sebagai bahan pangan, selain itu sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan perlu dimanfaatkan secara optimal, dengan sistem pengelolaan mengedepankan kelestarian lingkungan.
 
Ia berharap, dengan terselenggaranya peringatan Harkanas tahun 2022 dapat meningkatkan peran dan sinergitas semua pihak dalam melakukan penguatan ketahanan pangan nasional pada sektor kelautan dan perikanan.
 
"Semoga semangat Harkanas kali ini menjadi inspirasi bagi daerah lainnya menjadi tuan rumah penyelenggaraan agenda ini," ucap sakti.
 
Pada peringatan Harkanas ke-10 tahun 2023 mendatang, KKP menunjuk Provinsi Lampung sebagai tuan rumah.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri KP: Harkanas ke-9 pertama kali berlangsung di daerah