30 provinsi ikut lomba masak ikan tingkat Nasional rangkaian Harkanas

id Harkanas, lomba masak, masak ikan, ikan, pemkabparimo, Pemprov Sulteng, dkpsulteng, dkpparimo, Moh Arif, Moh Nasir, peri

30 provinsi ikut lomba masak ikan  tingkat Nasional rangkaian Harkanas

Salah satu juri, Chef Aiko Sarwosri Isra (baju putih) menilai masakan peserta lomba masak serba ikan tingkat nasional pada rangkaian Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Ahad (20/11/2022). ANTARA/HO-Deni

Palu (ANTARA) -
Peserta dari 30 provinsi ikut berpartisipasi dalam lomba memasak serba ikan tingkat nasional sebagai rangkaian Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9 berlangsung di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.
 
"Beragam olahan masakan berbahan baku ikan disajikan peserta yang dilakukan penjurian oleh juri nasional disiapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah Moh Arif usai meninjau lomba memasak di Parigi Moutong, Ahad.
 
Ia menjelaskan, rangkaian ini tidak terlepas dari promosi perikanan yang dapat diolah menjadi makanan siap makan, sekaligus dapat menjadi penopang ketahanan pangan nasional menghadapi ancaman krisis pangan.
 
Oleh karena itu, ikan salah satu komoditas kelautan yang tidak hanya memiliki nilai gizi, namun juga memiliki nilai ekonomis.
 
"Selaku Pemerintah Provinsi Sulteng, kami mengapresiasi giat ini yang sudah dipersiapkan dengan matang oleh Pemkab Parigi Moutong sebagai panitia lokal dan telah terlaksana dengan baik," ujar Arif.


 
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah, Moh Arif memberikan keterangannya kepada sejumlah jurnalis usai meninjau lomba masak serba ikan tingkat nasional pada rangkaian Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng, Ahad (20/11/2022). ANTARA/Moh Ridwan
Ia mengemukakan, Harkanas ke-9 sangat istimewa bagi Pemda Sulteng maupun Parigi Moutong, sebab agenda nasional ini merupakan kali pertama terlaksana di luar Provinsi DKI Jakarta sebagai ibu kota negara.


 
Dengan kesempatan ini, diharapkan olahan makanan serba ikan lebih dinikmati masyarakat, begitupun sektor kelautan dan perikanan Sulteng juga diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap terhadap ketahanan pangan nasional.
 
"Kami berharap Harkanas berikutnya dapat dilaksanakan di daerah lain, dan kami yakin masing-masing daerah memiliki sumber daya kelautan dan perikanan yang unggul," tutur Arif.
 
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Parigi Moutong Moh Nasir mengatakan, tujuan lomba masak serba ikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya ikan sebagai sumber protein yang tinggi.
 
Yang mana, protein dan Omega 3 terkandung dalam ikan sangat membantu meningkatkan kecerdasan otak, khususnya bagi tumbuh kembang anak, termasuk juga salah satu pangan alternatif dalam mencegah stunting atau tengkes.
 
"Kami berharap melalui Harkanas dapat menjadi momentum kebangkitan pengelolaan sumber daya perikanan tangkap dan budi daya teluk Tomi menuju ekonomi biru, sekaligus mendukung program nasional dalam hal peningkatan kualitas gizi masyarakat," demikian Nasir.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 30 provinsi ikut lomba masak ikan tingkat Nasional rangkaian Harkanas