UIN Datokarama jalankan PGMI Mengaji

id pgmi mengaji,uin datokarama,kajian al quran

UIN Datokarama  jalankan PGMI Mengaji

Acara peluncuran program pembinaan mahasiswa bertajuk PGMI Mengaji di Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiah Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan UIN Datokarama. (ANTARA/HO FTIK UIN Datokarama)

Palu (ANTARA) - Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama menjalankan Program Guru Madrasah Ibtidaiah (PGMI) Mengaji guna meningkatkan kemampuan mahasiswa membaca Al Quran.

Dekan Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan UIN Datokarama Askar saat dihubungi dari Palu, Sulawesi Tengah, Jumat, menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara program pembinaan mahasiswa PGMI Mengaji.

Askar mengatakan bahwa kegiatan pembinaan baca dan tulis Al Quran telah mulai dilaksanakan pekan ini dengan melibatkan mitra sebaya sebagai pembimbing mengaji bagi mahasiswa.

"Program ini merupakan program yang baru pertama kali dilaksanakan, dan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi program studi lain di lingkungan FTIK," katanya.

Ia menambahkan, PGMI Mengaji mencakup kegiatan peningkatan kapasitas bagi 20 mahasiswa yang bertugas membimbing mahasiswa yang lain belajar baca tulis Al Quran.

Dia juga mengemukakan bahwa PGMI Mengaji selaras visi dan misi lembaga Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan (FTIK), yang menjadikan Al Quran dan hadis sebagai basis dan inti kajian keilmuan.

"Kompetensi baca tulis Al Quran dan pemahaman terhadap kandungan Al Quran menjadi salah satu hal yang pokok dikuasai oleh mahasiswa dan alumni FTIK, khususnya PGMI," katanya.