Kemen-PPPA minta orang tua waspadai fenomena self harm pada remaja

id Nahar,fenomena self harm ,Bengkulu,pelajar lukai tangan,media sosial,kasus pelajar lukai tangan,lukai diri sendiri

Kemen-PPPA minta orang tua waspadai fenomena self harm pada remaja

Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Nahar. (ANTARA/ HO-Kemen PPPA)

Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Nahar meminta agar semua pihak, termasuk orang tua untuk mewaspadai fenomena self harm (melukai diri sendiri) pada remaja.

"Semua pihak agar mewaspadai fenomena ini agar anak tidak menjadi korban," kata Nahar kepada ANTARA di Jakarta, Senin, menanggapi terjadinya kasus pelajar secara massal melukai tangan di sejumlah daerah.

Nahar pun meminta para orang tua agar memberikan kasih sayang yang cukup kepada anak mereka dan menjalin komunikasi yang baik dengan anak.

"Beri kasih sayang cukup, penuhi hak anak, buka ruang komunikasi untuk bisa saling memahami," kata Nahar.



Selain itu, orang tua juga diminta untuk menguatkan literasi digital anak serta meningkatkan kecakapan hidup anak.

"Kuatkan literasi digital, tingkatkan kecakapan hidup anak dan lindungi dari berbagai masalah yang dapat muncul karena faktor eksternal," kata Nahar.

Sebelumnya, sebanyak 52 pelajar di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, secara massal melukai tangan mereka sendiri yang diduga karena pengaruh media sosial.

Polisi masih menyelidiki kasus ini. Tak hanya di Bengkulu, kasus serupa juga terjadi di Bali.*