BKMTM menggelar tablig akbar sambut Ramadhan 1444 Hijriah

id Dmi,Sambut ramadhan,Ramadhan 1444 hijriah,Bkmtm,Dmi sulteng

BKMTM menggelar tablig akbar sambut Ramadhan 1444 Hijriah

Foto bersama para pengurus BKMTM Sulawesi Tengah di sela - sela acara tablig akbar cahaya Ramadhan, di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur Suteng, di Palu. (Dok BKMTM Sulteng)

Palu (ANTARA) - Badan Koordinasi Majelis Ta'lim Masjid (BKMTM) Sulawesi Tengah menggelar tablig akbar di Kota Palu untuk menyambut bulan Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023.

"Kegiatan ini menjadi salah satu syiar untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan, yang kemudian menjadi bekal para wanita muslimah," kata Panitia Tablig Akbar, Adawiah Mantemas, di Palu, Kamis. 

BKMTM merupakan salah satu badan otonomi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, tablig akbar yang dilaksanakan bertajuk "tablig akbar cahaya Ramadhan", melibatkan DMI, berlangsung di Gedung Pogombo, Kompleks Kantor Gubernur Sulteng, di Kota Palu, Kamis.

Adawiah mengatakan, kegiatan BKMTM bukan hanya pengajian, namun juga memiliki kegiatan positif lainnya seperti kegiatan bakti sosial (baksos), kemudian bidang kesehatan, bidang kebudayaan dan sebagainya.

 "BKMTM dan DMI adalah wadah bagi semua kalangan yang pastinya mau ikut duduk bermajelis," ujarnya.

Hal ini, kata dia, bertujuan untuk membentuk muslimah berkarakter dan religius, serta turut membina, membimbing semua kalangan. 

"Baik yang muda, tua hingga usia lanjut. Mudah-mudahan kegiatan positif bisa diimplementasikan pembinaannya di 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng, dan menjadikan masyarakatnya beriman dan bertaqwa," ujarnya.

Ia mengajak semua pengurus BKMTM  mewujudkan program-program yang ada.  Karena masyarakat juga perlu banyak mendapat bimbingan baik mental maupun spritual. 

Sementara itu Ketua BKMTM Sulteng, Rostiati Dg Rahmatu menyatakan dengan adanya tabligh akbar cahaya Ramadhan menjadi satu pendorong agar wanita muslimah ikut memakmurkan masjid.

"Utamanya wanita muslimah yang tergabung dalam majelis ta'lim di masing - masing masjid," ujarnya.

Menurut dia, majelis ta'lim dapat berperan dalam memakmurkan masjid dengan melakukan berbagai kegiatan, diantaranya pengajian, yasinan, sholawatan,  dan pembinaan remaja Islam masjid selama Ramadhan.

"Sehingga nantinya manfaatnya akan didapat minimal dalam lingkup kecil yaitu keluarga," kata dia.

Tablig akbar cahaya Ramadhan diikuti oleh 184 orang dari 26 majelis ta'lim di Kota Palu. 

Kegiatan tablig akbar cahaya Ramadhan untuk menyambut bulan Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023 didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.