Posisi Sandiaga di PPP akan diumumkan dalam Rapimnas

id Mardiono,PPP,Sandiaga Uno

Posisi Sandiaga di PPP akan diumumkan dalam Rapimnas

Sandiaga Uno dan Wakil Ketua Majelis Syariah PPP Kiai Haji Haris Shodaqoh (kanan). (ANTARA/Wisnu Adhi)

Jakarta (ANTARA) - Plt. Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono mengatakan bahwa posisi yang akan diberikan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan diberikan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) partainya yang akan digelar di Jakarta dalam waktu dekat.

"Nanti apa yang kita fokuskan dalam Rapimnas itu nanti akan menjadi tugas apa yang akan kita berikan ke Pak Sandi," kata Mardiono saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Dia pun tak menampik bahwa dalam Rapimnas tersebut berpeluang membahas kemungkinan pengusungan Sandiaga sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

"Bisa iya bisa tidak, nanti kan PPP memiliki mekanisme dalam mengambil keputusan yang strategis itu setidaknya melalui Rapimnas itu adalah kita mendengar suara-suara dari semua pengurus di seluruh Indonesia," ujarnya.

Dia juga menyebut bahwa PPP sudah melakukan penelaahan sejumlah nama potensial untuk disodorkan sebagai pendamping Ganjar Pranowo, termasuk mendiskusikan maupun berdialog secara terbuka dan tertutup dengan tokoh-tokoh bangsa.

"Tentu kita PPP akan menyodorkan seorang pemimpin bangsa, kan kita juga harus melalui penelahaan yang begitu mendalam karena ini untuk kepentingan rakyat dan warga negara," katanya.

Mardiono menjelaskan bahwa sebelum Rapimnas digelar, maka pengumuman Sandiaga akan bergabung ke PPP akan lebih dulu diumumkan pada Rabu (14/6).

"Hari rabu Insyaallah akan secara resmi Pak Sandi bergabung dengan PPP. Nah, selanjutnya setelah itu tentu nanti akan ada mekanisme partai yaitu akan ada Rapimnas, Rapat Pimpinan Nasional yang Insyallah tidak lama dari acara hari Rabu," tuturnya.

Dia menerangkan bahwa bergabungnya Sandiaga ke PPP setelah melalui proses panjang, termasuk melalui proses pengenalan dengan para kader PPP di daerah maupun para kiai.

"Kemudian hampir di seluruh Indonesia Pak Sandi sudah melakukan diskusi dan komunikasi dengan para kader PPP baik dalam acara resmi maupun tidak acara resmi," ucap dia.

Sebelumnya, Minggu (11/6), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan segera berkoordinasi dengan Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono terkait dengan dirinya akan diresmikan sebagai kader PPP.

"Mohon didoakan dan saya akan berkoordinasi dengan Pak Mardiono. Harapannya, mohon dilancarkan dan yang kita ingin bangun adalah percepatan pembangunan khususnya di bidang ekonomi," katanya usai menghadiri "Dialog Potensi Ekonomi Kreatif di Pesantren" di Pondok Pesantren Annur, Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu.