Kemarin, tak ada penundaan pemilu hingga gerakan setop bayar pajak

id Mahfud MD,Penundaan Pemilu,Setop bayar pajak,Presiden Jokowi,Pasar Tenguyun Tarakan,PPP,Muhamad Mardiono

Kemarin, tak ada penundaan pemilu hingga gerakan setop bayar pajak

Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan keterangan pers didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Selasa (28/2/2023). (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim)

Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Selasa (28/2), mulai dari Menkopolhukam Mahfud MD tegaskan tidak ada perpanjangan periode jabatan presiden ataupun penundaan Pemilu 2024 hingga Anggota Komisi XI DPR Puteri Anetta Komarudin menyatakan gerakan setop bayar pajak berdampak pada keberlanjutan pembangunan dan layanan publik terganggu.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Mahfud MD tegaskan tak ada penundaan Pemilu 2024

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah mempersiapkan Pemilihan Umum 2024 dengan bersungguh-sungguh dan tidak ada perpanjangan periode jabatan presiden maupun penundaan pemilu.

“Pemilu akan dilakukan sesuai dengan kalender konstitusi. Lima tahun sekali. Tidak ada perpanjangan, tidak ada penundaan,” ucap Mahfud dalam acara Cangkrukan Menkopolhukam bertajuk “Tertib di Tahun Politik Menuju Indonesia Maju”, dipantau di kanal YouTube Kemenkopolhukam RI, dari Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

2. Anggota DPR: Gerakan setop bayar pajak ganggu pembangunan

Anggota Komisi XI DPR Puteri Anetta Komarudin menyatakan gerakan setop bayar pajak sangat berpotensi mengikis kepercayaan pembayar pajak, mengurangi penerimaan pajak, berdampak keberlanjutan pembangunan, dan layanan publik terganggu.

"Manfaat pajak ini berpotensi tergerus lewat gerakan tidak bertanggung jawab tersebut. Untuk itu, kepercayaan publik harus segera dikembalikan, terutama edukasi bahwa pajak dikelola, diawasi, dan dipergunakan sebagaimana mestinya," kata Puteri dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

3. Presiden Jokowi pantau harga sembako di pasar Tenguyun Tarakan

Presiden Joko Widodo memantau harga barang kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) di pasar Tenguyun, Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa.

Saat memantau ke pasar Tenguyun Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang dan Wali Kota Tarakan Khairul.

Selengkapnya baca di sini.

4. PPP siapkan nama bacapres-bacawapres melalui mukernas pada Maret-April

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menyampaikan partainya kemungkinan menyiapkan nama bakal calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu 2024 dalam musyawarah kerja nasional yang dijadwalkan pada Maret atau April 2023.

"Ada dua forum yg bisa digelar, bisa mukernas atau rapimnas khusus, tapi sepertinya kami akan memutuskan melalui mukernas yang menurut jadwal digelar sekitar bulan Maret ini atau April 2023. Tentu sambil menunggu aspirasi atau usulan dari dewan pimpinan wilayah-wilayah," ujar Baidowi kepada wartawan usai menghadiri pemaparan hasil survei Media Survei Nasional (Median) di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

5. Utusan Presiden: Kerja sama pangan strategis jaga ketahanan kawasan

Utusan Khusus Presiden RI Joko Widodo, Muhamad Mardiono, mengatakan kerja sama penguatan sektor pangan dapat menjadi upaya strategis untuk memelihara ketahanan kawasan di ASEAN.

Mardiono saat melakukan pertemuan dengan Menteri Senior Singapura Teo Chee Hean di Jakarta, Selasa, mengatakan ancaman stabilitas geopolitik saat ini bukan hanya lagi intervensi militer, namun kemiskinan dan kerawanan pangan juga dapat menjadi pemicu gejolak.

Selengkapnya baca di sini.