Colorful Medan Carnival dan Pesona Indonesia Expo 2023

id Karnaval,Pesona Indonesia,HUT Kota Medan,wisata

Colorful Medan Carnival dan Pesona Indonesia Expo 2023

Perayaan busana karnaval dan pawai budaya perayaan HUT Kota Medan ke-432 di Medan, Jumat (1/7/2022). (Dok ANTARA)

Medan (ANTARA) -
Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, akan menggelar Colorful Medan Carnival dan Pesona Indonesia Expo 2023 dalam rangka menyemarakkan HUT Kota Medan ke-433.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Medan Yuda P Setiawan di Medan, Senin, menyebut Colorful Medan Carnival 2023 digelar selama dua hari, yakni 30 Juni sampai 1 Juli 2023 di Lapangan Benteng Medan.

"Pada 30 Juni digelar lomba mewarnai dengan peserta 1.000 siswa SD, pameran ekonomi kreatif, dan hiburan band lokal. Di 1 Juli siang ada pawai karnaval dan malam hari panggung hiburan rakyat," katanya.

Sedangkan ajang Pesona Indonesia Expo 2023, lanjut dia, digelar mulai 2 sampai 9 Juli dengan tempat penyelenggaraan di Hotel Karibia dan Podomoro Delipark Medan.

Pihaknya menerangkan pada 2 hingga 4 Juli diisi dengan kegiatan pemilihan Miss Global World Kids & Teen 2023, dan mulai 5 sampai 9 Juli berbagai kegiatan akan digelar di Podomoro Deli Park.

Sejarah Kota Medan sendiri berawal dari suatu kampung didirikan Guru Patimpus di pertemuan Sungai Deli dan Sungai Babura dengan hari jadi Kota Medan ditetapkan pada 1 Juli 1590.

"Berbagai materi acara akan menyemarakkan perhelatan ini, di antaranya talkshow, fashion show, fashion runway, dance competition, modeling competition dan music concert," jelasnya.

Yuda juga mengatakan pertengahan Juni ini Pemerintah Kota Medan akan mempromosikan potensi unggulan Kota Medan dalam pelaksanaan Pekan Raya Sumatera Utara.

"Pelaksanaan Pekan Raya Sumatera Utara ke-49 tahun ini digelar pada 16 Juni hingga 17 Juli 2023. Ini dipandang perlu melibatkan OPD Pemerintah Kota Medan," tuturnya.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Medan Agus Suriyono mengingatkan seluruh perangkat daerah berkolaborasi menyukseskan kegiatan perhelatan ini.

"Ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan HUT Kota Medan. Mari kita bekerja maksimal untuk kesuksesan perhelatan ini," ucapnya.