Dubes sebut DWP pendukung misi diplomatik Indonesia di luar negeri

id DWP,KBRI Tokyo,diplomasi,ikebana

Dubes sebut DWP pendukung misi diplomatik Indonesia di luar negeri

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi (ANTARA/Juwita Trisna Rahayu)

Tokyo (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi menyebut Dharma Wanita Persatuan (DWP) sebagai pendukung misi diplomatik Indonesia di luar negeri.

“Selama 24 tahun, DWP telah menjadi organisasi nonpolitik dan organisasi sosial kemasyarakatan yang aktif bergerak di berbagai bidang. Baik di pendidikan, ekonomi dan sosial budaya dengan manfaat konkret, baik untuk anggotanya maupun untuk masyarakat. DWP juga berperan penting dalam mendukung Pemerintah melaksanakan misi diplomatik perwakilan RI di luar negeri,” kata Dubes Heri di Tokyo, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam rangka memperingati HUT ke-24 DWP dan Peringatan Hari Ibu ke-95 di Wisma Duta Tokyo.

“Saya amati DWP KBRI Tokyo aktif mempromosikan seni, budaya dan ekonomi Indonesia di Jepang,” katanya.

Sebagai bagian dari perayaan hari jadi, DWP KBRI Tokyo juga terlibat dalam Ikebana International Fair 2023.

Pameran tersebut dibuka oleh Presiden Ikebana International Putri Takamado dan Ketua Ikebana International Fair Nuning Akhmadi.

Dubes Heri turut melakukan pengguntingan pita sebagai penanda resmi dibukanya Ikebana International Fair.

Dia menyampaikan bahwa acara ini adalah upaya positif diplomasi Indonesia di Jepang.

"Tema kegiatan ini ‘Persahabatan melalui Bunga' selaras dengan semangat 'Kokoro Hitotsu Ni' atau 'Satu Hati' yang menjadi tema peringatan 65 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang. Acara ini merupakan platform yang baik untuk memperkuat hubungan diplomatik sekaligus memberikan dampak positif terhadap penguatan persahabatan antarbangsa," ujarnya.
 

Sementara itu, Nuning Akhmadi yang juga Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Tokyo mengapresiasi para peserta dari berbagai negara dalam Ikebana International Fair 2023.

“Terima kasih atas keikutsertaan para peserta. Ikebana International Fair 2023 ini menjadi ajang semakin eratnya persahabatan antar negara melalui berbagai kesenian dan pameran kerajinan dari berbagai negara,” ujar Nuning.

Nuning memastikan DWP KBRI Tokyo akan terus memainkan peran strategis dalam pemberdayaan perempuan sekaligus menjadi pilar promosi Indonesia di Jepang.

“Organisasi ini akan terus menjadi rumah bagi kita semua. Menjadi pilar penting penguatan peran perempuan Indonesia. Sebagai pilar pembangunan, ibu-ibu pengurus dan anggota DWP merupakan kekuatan yang luar biasa besar dalam membangun keluarga, masyarakat, dan bangsa. Bersama kita gotong royong menuju Indonesia Emas,” katanya.

Indonesia dalam Ikebana International Fair 2023 yang diikuti 40 negara ini menghadirkan lima stan yang menawarkan aneka bumbu makanan kemasan wastra dan berbagai produk kecantikan.

Dalam ajang internasional ini juga menampilkan peragaan busana adat Minangkabau yang langsung didatangkan dari tanah air serta penampilan tari Pasambahan yang merupakan tarian adat Minangkabau.

Acara itu juga didukung dan dimeriahkan dengan undian tiket pesawat dari Garuda Indonesia.