DWP UIN Datokarama Palu kerja sama tiga PTKIN laksanakan seminar akademik

id DWP PTKIN, DWP UINdatokarama, uinpalu, Lukman Thahir, kampus perguruan tinggi, Dharma wanita, Sulteng, palu

DWP UIN Datokarama Palu kerja sama tiga PTKIN laksanakan seminar akademik

Ketua DWP UIN Datokarama Faidah Effendi Lukman Thahir menyampaikan sambutan pada kegiatan pembinaan dan seminar DWP PTKIN wilayah timur dan tengah berlangsung di Kota Palu, Selasa (3/92024). ANTARA/HO-Humas UIN Datokarama

Palu (ANTARA) -
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah bekerja sama dengan tiga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di wilayah Timur Indonesia melaksanakan seminar akademik.


 


"Kerja sama ini meliputi Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Papua, IAIN Sorong, dan IAIN Palopo dalam melakukan pembinaan akademik," kata Ketua DPW UIN Datokarama Faidah Lukman Thahir dalam kegiatan seminar DWP PTKIN wilayah timur dan tengah berlangsung di Kota Palu, Selasa.


 


Ia mengemukakan kegiatan ini merupakan momen penting bagi pengurus DWP empat PTKIN tersebut untuk mendapatkan arahan dan pembinaan yang berharga dari Penasehat DWP Kementerian Agama (Kemenag) Eny Retno Yaqut.


 


Kehadiran Penasehat DWP Kemenag tentunya menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh anggota DWP lingkup PTKIN untuk terus meningkatkan kualitas diri, baik dalam peran sebagai istri, ibu rumah tangga, maupun sebagai anggota masyarakat.


 


"DWP juga memiliki peran dalam membantu dan mendukung kinerja suami di tempat mereka bekerja, oleh sebab itu DWP memiliki peran membantu memperkokoh eksistensi PTKIN, termasuk mensosialisasikan kepada masyarakat kampung Islam Negeri," kata dia menuturkan.


 


Faidah berharap kolaborasi untuk penguatan kemitraan dapat terus terbangun dan terjaga dengan baik, sehingga ke depan kolaborasi ini diperluas dengan kegiatan-kegiatan pembinaan yang memberikan manfaat besar terhadap organisasi, kampus, dan masyarakat


 


Sementara itu Penasehat DWP Kemenag Eny Retno mengemukakan DWP PTKIN harus memacu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di internal organisasi.


 


Hal itu untuk menopang penyelenggaraan program kerja yang sejalan dengan visi dan misi DWP, kemudian berkontribusi terhadap pengembangan perguruan tinggi dan membangun budaya organisasi yang kuat serta sehat.


 


"Sebagai bagian dari civitas akademik, maka di internal organisasi ini perlu diterapkan standar perilaku pengurus dan evaluasi kinerja, supaya pelaksanaan program kerja lebih optimal," kata dia.