TKN Fanta: Atmosfer kemenangan satu putaran di depan mata

id Pilpres 2024,Prabowo-Gibran,TKN Fanta Prabowo-Gibran,Pemilu 2024,kampanye,survei

TKN Fanta: Atmosfer kemenangan satu putaran di depan mata

Arsip - Komandan TKN Pemilih Muda Fanta Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda Fanta Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan, mengeklaim atmosfer kemenangan satu putaran untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka semakin dekat.

"Insyaallah atmosfer kemenangan satu putaran di depan mata," kata Arief saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Arief mengatakan indikator kemenangan tersebut dapat dilihat dari sentimen positif yang dirilis oleh berbagai lembaga survei dalam beberapa waktu terakhir, di mana hasil survei tersebut menempatkan elektabilitas Prabowo-Gibran mengungguli dua pasangan calon lainnya.

Indikator lainnya, tambahnya, adalah dukungan yang mengalir secara terus menerus, khususnya dari para pemilih muda dengan berbagai latar belakang dan profesi di seluruh Indonesia.

Baca juga: TKN Fanta: Generasi muda memiliki tanggung jawab merawat kebudayaan

"Ini terlihat dari dukungan yang terus-terusan datang dari pemilih muda berbagai latar belakang," imbuhnya.

Arief juga meyakini debat capres-cawapres, yang sudah berlangsung dua kali, memiliki daya ungkit bagi kandidat nomor urut 2 tersebut.

Hal itu, tambahnya, akan semakin memantapkan kemenangan satu putaran bagi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

"Semua yang tersisa debat ketiga, debat keempat, dan debat kelima akan semakin memantapkan kemenangan satu putaran," kata Arief.

Baca juga: TKN Fanta siapkan kurikulum digital untuk tingkatkan literasi digital

Sebelumnya, Jumat (29/12), peneliti politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati mengatakan suara pemilih yang belu menentukan pilihan atau undecided voters akan menjadi penentu apakah Pilpres 2024 akan berlangsung satu atau dua putaran.

Menurut Wasisto, suara pemilih yang belum menentukan pilihan tersebut menjadi segmen yang akan diperebutkan para kandidat pasangan calon, meskipun persentasenya relatif kecil.

"Meskipun persentasenya kecil, hanya 6-7 persen, paling tidak ini segmen (undecided voters) akan diperebutkan semua pasangan calon," ujar Wasisto.

Baca juga: TKN Fanta: Hilirisasi digital tingkatkan ekonomi nasional

Dia beranggapan hasil survei yang menempatkan Prabowo-Gibran melenggang satu putaran akan terus berkembang. Apalagi, masih ada tiga debat capres-cawapres yang berpotensi memengaruhi segmen pemilih tersebut dalam menentukan pilihannya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TKN Fanta Prabowo-Gibran sosialisasikan pelestarian budaya di Jawa