Samsung Galaxy S24 bawa kecanggihan AI dalam genggaman

id samsung,galaxy s24,samsung galaxy s24,galaxy ai,ai

Samsung Galaxy S24 bawa kecanggihan AI dalam genggaman

Seri Samsung Galaxy S24. (ANTARA/news.samsung.com)

Jakarta (ANTARA) - Samsung meluncurkan ponsel flagship seri Galaxy S24 yang menawarkan kecanggihan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam genggaman melalui Galaxy AI.

"Galaxy S24 Series mampu mengubah hubungan kita dengan dunia dan memulai era berikutnya dari inovasi perangkat mobile. Galaxy AI dirancang dengan berlandaskan pada inovasi kami dari tahun ke tahun serta pemahaman mendalam akan bagaimana seseorang menggunakan ponsel," kata Presiden dan Kepala Bisnis Mobile eXperience Samsung Electronics TM Roh dalam siaran pers, Kamis.

Samsung memperkenalkan seri yang terdiri atas Galaxy S24 reguler, Galaxy S24+ dan Galaxy S24 Ultra yang dilengkapi dengan Galaxy AI, kecerdasan buatan untuk mendukung fitur fundamental sebuah ponsel.
Seri Samsung Galaxy S24. (ANTARA/news.samsung.com)


Ekosistem Galaxy AI antara lain menawarkan fitur Live Translate, sebuah fungsi penerjemah teks dan suara dua arah secara terkini untuk panggilan telepon.

Samsung juga memberikan fitur Interpretes yang bisa menerjemahkan langsung percakapan dengan tampilan split screen (layar terbagi). Fitur yang bisa berfungsi secara offline itu bisa digunakan ketika sedang berhadapan dengan lawan bicara.

Fitur Chat Assist membantu pengguna memperbaiki nada bicara dalam teks untuk memastikan pesan terdengar seperti yang dimaksud pengguna, apakah ketika mengirim obrolan atau membuat konten.

Sementara melalui Android Auto, Galaxy S24 bisa merangkum pesan yang masuk dan memberikan saran balasan yang tepat.

Samsung juga memberikan AI untuk mendukung kemampuan pengambilan gambar seri Galaxy S24. ProVisual Engine berisi perangkat berbasis AI mulai dari membidik objek sampai membagikan gambar melalui media sosial.

Galaxy S24 dan Galaxy S24+ memiliki konfigurasi tiga kamera belakang yaitu ultra-wide 12MP, wide 50MP dan lensa telefoto 10MP. Pada bagian depan, tersemat kamera swafoto 12MP.

Kamera yang ditawarkan Galaxy S24 Ultra lebih banyak dan resolusi lebih besar, yakni empat kamera belakang berupa ultra-wide 12MP, wide 200MP, telefoto 50MP dengan pembesaran optik lima kali dan telefoto 10MP dengan pembesaran optik tiga kali.

Ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Mobile Platform for Galaxy untuk Galaxy S24 Ultra, ponsel itu menawarkan kinerja yang efisien termasuk untuk melakukan tugas berat.

Perbedaan ketiga ponsel terutama terlihat dari kapasitas baterai. Samsung memberikan kapasitas 4.000mAH untuk Galaxy S24, 4.900mAh untuk Galaxy S24+ dan 5.000mAh untuk Galaxy S24 Ultra.

Sementara untuk penyimpanan, Galaxy S24 Ultra terdiri atas varian 12GB + 256GB, 12GB + 512GB dan 12GB + 1TB; Galaxy S24+ varian 12GB + 256 GB dan 12GB + 512 GB: serta Galaxy S24 RAM 8GB dengan pilihan kapasitas penyimpanan 128GB, 256GB dan 512GB.