Korem tingkatkan kesadaran generasi muda jaga kelestarian alam

id Korem 132/Tadulako ,Kelestarian alam,Persami ,Pramuka ,Kabupaten Sigi ,Sulteng

Korem tingkatkan kesadaran generasi muda jaga kelestarian alam

Jajaran Korem 132/Tadulako berfoto bersama dengan peserta Pramuka Satuan Wirakarya (SWK) tingkat Korem di Kabupaten Sigi, Sulteng. (ANTARA/HO-Penrem 132/Tadulako)

Sigi (ANTARA) - Komando Resor Militer 132/Tadulako, Sulawesi Tengah, meningkatkan kesadaran generasi muda dalam menjaga kelestarian alam melalui kegiatan pramuka Perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami) Saka Wira Kartika.
 


"Giat ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kebersamaan, Pramuka Satuan Wirakarya (SWK) tingkat Korem 132/Tadulako memperkuat semangat gotong royong, disiplin, serta kecintaan pada alam," kata Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto di Kabupaten Sigi, Sulteng, Minggu.


 


Ia mengatakan, TNI Angkatan Darat (AD) melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa dalam membina serta membentuk generasi muda agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat.


 


Menurut dia, kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, termasuk Pramuka.


 


Karena itu, kata dia, Persami tersebut mengangkat tema yakni "Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah" yang selaras dengan Dasa Darma Pramuka yang kedua yaitu "Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia".


 


"Harapannya, melalui kegiatan ini dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia, guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global," katanya.


 


Lanjut dia, kegiatan ini juga untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar kepada generasi muda.


 


"Kepada adik-adik pramuka agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Ilmu yang didapatkan agar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Danrem.


 


Dia berharap giat itu menjadikan generasi muda menjadi mandiri, disiplin, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar.