LPP Palu Hadiri penandatanganan PKS Kemenkumham dan Dinkes Sulteng

id Lapas Perempuan Palu

LPP Palu Hadiri penandatanganan PKS Kemenkumham dan Dinkes Sulteng

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Kanwil Kemenkumham Sulteng dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Senin 19/02.  FOTO : ANTARA/ (Humas Lapas Perempuan Palu)

Kota Palu (ANTARA) -
Lapas Perempuan Kelas III Palu mengikuti kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang dilakukan antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tengah, Senin 19/02. 


 


Agenda PKS tersebut terkait pelatihan jasa boga dan tata boga bagi petugas pemasyarakatan di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) se-Sulawesi Tengah.


 


PKS tersebut ditandatangani oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Ricky Dwi Biantoro bersama Kepala Dinkes Provinsi Sulteng Komang Adi Suhendra yang saat itu disaksikan secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar serta seluruh Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan se-Kota Palu dan para pejabat tinggi Dinkes Sulteng.


 


Hermansyah menyebut, PKS tersebut merupakan salah satu dari implementasi komitmen bersama antara pihaknya bersama Pemerintah Daerah Prov. Sulteng dalam membangun daerah bersama.


 


Kata dia, dengan adanya komitmen itu juga menguatkan tercapainya rencana aksi nasional Direktorat Jenderal Pemasyarakatan guna memberikan layanan kesehatan yang prima bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui layanan makanan yang terstandarisasi baik.


 


Senada, Suhendra juga mengaku bersyukur atas penandatangan PKS tersebut, ia menyebut akan mendukung berbagai program pemenuhan hak kesehatan di seluruh satuan kerja pemasyarakatan di Sulteng.


 


Apalagi kata dia, komitmen itu memiliki tujuan yang baik yakni meningkatkan kapabilitas para petugas pemasyarakatan yang nantinya diharapkan dapat memberikan layanan makanan bagi seluruh WBP yang bergizi dan bersih.


 


Dalam kesempatan ini, Kepala Lapas Perempuan Kelas III Palu, Nur Mustafidah didampingi Kepala Subsi Pembinaan, Effendy respon baik pelaksanaan PKS ini, lebih lanjut Nur komitmen untuk terus menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi Warga Binaan. 


 


"Tentunya ini sebagai upaya khususnya di Lingkungan Lapas/Rutan dalam memberikan pelayanan yang baik bagi warga binaan, kami pun saat ini telah mengantongi Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi, bukti keseriusan kami menjaga kesehatan para warga binaan," tutup Nur.