Wabup Morowali Utara: Urus sampah itu tugas mulia

id Morut

Wabup Morowali Utara: Urus sampah itu tugas mulia

Wabup Morut H. Djira meresmikan pengoperasian Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R) Desa Ganda-ganda. ANTARA/HO-MCDD

Ganda-ganda, Sulteng (ANTARA) - Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira meresmikan pengoperasian Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R) Desa Ganda-ganda, Rabu (20/2).

TPS3R ini dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Provinsi Sulawesi Tengah, sebagai instalasi pengolahan sampah untuk mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang (3R) sampah yang pertama di Morowali Utara.

Instalasi ini berupa sebuah bangunan dengan peralatan pengolahan sampah yang mampu mengolah sampah untuk dapat digunakan kembali sekitar 80 persennya, sehingga sampah yang dibuang tinggal 20 persen saja.

Instalasi TPS3R ini akan dikelola oleh Kelompok Masyarakat Penyelenggara (KMP) TPS3R Laskar Kebersihan Ganda-ganda. Wabup Morut dalam kesempatan itu menyerahkan secara resmi pengelolaan TPS3R ini kepada Ketua KMP Laskar Kebersihan.

Wabup Morut H. Djira menyampaikan terima kasih kepada Balai Prasarana Permukiman Sulteng yang telah membangun sarana dan fasilitas pengolahan sampah ini dan akan menjadi percontohan untuk dilanjutkan di desa-desa lainnya di Morut.

Kepada anggota KMP Laskar Kebersihan, Wabup mengatakan bahwa mengurus sampah adalah tugas mulia karena hal ini menyangkut kesehatan dan kesejahteraan orang banyak. 

Karena itu ia berharap kepada KMP Laskar Kebersihan ganda-ganda bisa mengoperasikan instalasi ini dengan maksimal di bawah bimbingan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Morut.

Hadir pada acara tersebut Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulteng Dr M. Ishak Cenne, Kadis LH Morut Syarifuddin, Camat Petasia dan Kades Ganda-ganda serta anggota KMP Laskar Kebersihan.