"Open House" di Lapas Palu dikunjungi ratusan keluarganya para Napi

id Lapas palu, sulawesi tengah,Idul Fitri

"Open House" di Lapas Palu dikunjungi ratusan keluarganya para Napi

Suasana di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Palu saat sejumlah narapidana dikunjungi keluarganya masing masing di momen Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 masehi. Foto : ANTARA/HO/ (Humas Lapas Palu)

Kota Palu (ANTARA) -
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu membuka 'open house' untuk keluarga narapidana (napi) saat Idul Fitri. Keluarga diberikan kesempatan mengunjungi keluarganya yang mendekam di penjara.
 
"Ia kami buka kunjungan khusus Lebaran ini selama tiga hari, kunjungannya dibuka dari jam 09:00 sampai 16:00 Wita ujar Gunawan Kepala Lapas Palu, Rabu.
 
Terpantau hari pertama Idul Fitri 1445 Hijriah, ratusan warga datang bergantian untuk mengunjungi keluarga mereka yang ada di dalam Lapas. Suasana hangat dan haru terjalin saat narapidana bertemu dengan keluarga mereka.

Para keluarga juga terlihat membawa sejumlah makanan yang biasa disajikan warga saat momen Lebaran. Seperti Burasa, Kari Ayam dan aneka kue kering lebaran.
 
"Kita catat di hari pertama ini ada 892 orang pengunjung dan WBP yang dikunjungi 206 orang," terangnya.
 
Kunjungan yang dibuka khusus selama Idul Fitri ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap narapidana yang merayakan Idul Fitri.
 
"Selain yang beragama Muslim, kunjungan ini kita buka juga untuk WBP yang non Muslim," terangnya.
 
Meski demikian, pengamanan yang dilakukan oleh pihak Lapas juga diperketat. Sejumlah barang bawaan pihak keluarga, diperiksa oleh petugas Lapas sebelum diizinkan masuk.
 
"Pastinya keamanannya kita awasi juga," ucapnya.
 
Tidak hanya itu, momen Idul Fitri 1445 Hijriah / 2024 Masehi, Lapas kelas IIA Palu memberikan Remisi atau pengurangan masa tahanan kepada 633 Warga Binaannya.
 
"Ada 662 orang yang beragama islam dari total 709 warga binaan, 633 yang dapat," tambahnya.