Polda Sulteng tanamkan wawasan kebangsaan kepada siswa di Poso

id Satgas Operasi Madago Raya ,Polda Sulteng ,Tanamkan wawasan kebangsaan ,Poso ,Sulawesi Tengah

Polda Sulteng tanamkan wawasan kebangsaan kepada siswa di Poso

Satgas Operasi Madago Raya berfoto bersama dengan siswa di Kabupaten Poso, Selasa (28/5/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Palu (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Madago Raya Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menanamkan wawasan kebangsaan kepada siswa di Kabupaten Poso agar semakin cinta tanah air.

Kepala Subsatgas Hubungan Masyarakat (Kasubsatgas Humas) Operasi Madago Raya AKP Basirun Laele dalam keterangan tertulisnya diterima di Palu, Selasa, mengatakan penyuluhan wawasan kebangsaan bertujuan agar para siswa dapat memahami nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan.
 
 
"Kegiatan ini untuk menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa, cinta tanah air, dan wawasan kebangsaan kepada siswa, serta memiliki kesadaran untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah dan masyarakat," katanya.
 
Dengan ini, kata dia, para siswa diharapkan dapat memahami nilai-nilai kebangsaan sehingga dapat menjadi generasi penerus bangsa yang cinta tanah air dan berwawasan luas.
 
AKP Basirun Laele mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk komitmen Polri, khususnya satgas yang tergabung dalam Operasi Madago Raya dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Poso.
 
Penyuluhan wawasan kebangsaan dilakukan di SDN Kalora dan MAN 1 Poso Pesisir di Kecamatan Poso Pesisir, dengan turut memberikan bantuan sarana kontak berupa alat tulis.
 
 
Personel Satgas Madago Raya, kata dia, juga mengingatkan kepada para siswa untuk bijak dalam ber-media sosial dan tidak mudah terpengaruh berita bohong atau ujaran kebencian.
 
"Hal ini penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta mencegah penyebaran informasi yang menyesatkan. Para siswa juga diimbau untuk selalu waspada terhadap bahaya radikalisme dan terorisme," ujarnya.
 
Selain itu, personel Satgas Operasi Madago Raya juga memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba dan minuman keras.
 
Karena itu, AKP Basirun Laele turut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta mencegah masuknya paham radikalisme dan intoleransi di wilayah Sulawesi Tengah.