Lapas Kolonodale lakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga binaan

id Lapas Kolonodale ,Sulteng ,Pemeriksaan kesehatan massal ,Hak kesehatan warga binaan

Lapas Kolonodale lakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga binaan

Petugas lapas dan Puskesmas Kolonodale memeriksa kesehatan warga binaan Lapas Kolonodale di Morowali, Rabu (5/6/2024). (ANTARA/HO-Humas Lapas Kolonodale)

Morowali, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III/B Kolonodale, Sulawesi Tengah melakukan pemeriksaan kesehatan secara massal dalam upaya memenuhi hak kesehatan warga binaan pemasyarakatan (WBP).
 
"Pemeriksaan kesehatan merupakan komitmen Lapas Kelas III Kolonodale dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga binaan," kata Kepala Lapas Kelas III/B Kolonodale Arifin Akhmad di Morowali, Rabu.
 
Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan ini menjadi agenda rutin bekerja sama dengan Puskesmas Kolonodale, dengan melibatkan dua dokter, lima perawat, serta dua tenaga farmasi. Kegiatan dipimpin secara langsung oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Kolonodale Leni Rumope.

Kegiatan ini, kata dia, implementasi dari perjanjian kerja sama yang telah dilakukan Lapas Kelas III/B Kolonodale dengan UPT Puskesmas Kolonodale untuk meningkatkan kesehatan warga binaan.
 
Pemeriksaan kesehatan ini, meliputi penyakit tidak menular, di antaranya pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan asam urat.
 
"Pada hari ini, sebanyak 300 orang warga binaan yang mengikuti pemeriksaan kesehatan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan pemeriksaan kesehatan ini juga untuk memastikan kondisi warga binaan selalu dalam keadaan sehat saat menjalani program pembinaan di Lapas Kolonodale.
 
Ia menambahkan Lapas Kolonodale berkomitmen menjalankan tugas pemasyarakatan dengan memberikan pelayanan kesehatan secara humanis dan berbasis hak asasi manusia.