Peru tahan imbang Chile pada laga pertama Copa America 2024

id Timnas Peru,Timnas Chile,Copa America 2024

Peru tahan imbang Chile pada laga pertama Copa America 2024

Sejumlah pemain Peru bertepuk tangan secara seportif setelah mengakui kekalahan 1-3 pada final Copa America 2019 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (7/7/2019) waktu setempat. Penampilan Peru di final jauh lebih baik dibandingkan ketika dilumat habis lima gol tanpa balas oleh Brasil dalam laga pamungkas penyisihan Grup A. ANTARA/AFP/Raul Arboleda/aa

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Peru menahan imbang Chile dengan skor 0-0 pada laga pertama Grup A Copa America 2024 yang berlangsung di Stadion AT&T, Arlington, Amerika Serikat, Sabtu pagi WIB.

Memulai menit pertama, Chile mencoba menguasai tempo permainan dengan memainkan permainan menyerang di kedua sisi sayap.

Dalam kondisi tertekan, Peru bermain lebih banyak menunggu meski sesekali mencoba keluar dengan memanfaatkan serangan balik dari transisi antarlini tengah.

Di menit ke-16, Alexis Sanchez yang mendapatkan ruang tembak di dalam kotak penalti melesatkan sepakan yang masih menyamping dari gawang Pedro Gallese.

Sepuluh menit berselang, Sanchez memberikan umpan kepada Isla yang berdiri bebas di dalam kotak penalti, namun tendangan keras Isla masih mampu dibendung oleh pertahanan Peru.

Peru baru memperoleh peluang pada menit ke-32 melalui aksi individu Lapadula yang menembus pertahanan Chile. Namun sepakan Lapadula masih membentur lini pertahanan Chile yang memblok arah bola.

Sepuluh menit berselang, Peru kembali mengancam gawang Claudio Bravo. Melalui skema tendangan bebas, Miguel Araujo menerima umpan matang tapi sundulannya masih bisa diantisipasi Bravo.

Chile terus menguasai bola dengan persentase 69 persen berbanding 31 persen milik Peru. Namun dari lima kesempatan emas yang diperoleh Chile dan dua dari kubu Peru belum ada satu pun yang menyasar ke arah gawang hingga peluit babak pertama berakhir.



Di babak kedua, selama lima belas menit awal pertandingan Chile terus mengurung pertahanan Peru.

Pada menit ke-62, Marcelino Nunez memperoleh umpan akurat di dalam kotak penalti, tapi Nunez hanya mampu melepaskan sepakan mendatar yang dengan mudah ditangkap Gallese.

Peru mengambil inisiatif lebih menyerang dengan memasukkan dua pemain anyar Paulo Guerrero dan Joao Grimaldo menggantikan Piero Cordova dan Edison Flores pada menit ke-71.

Berselang tujuh menit seusai melakukan pergantian, Peru memperoleh peluang melalui sundulan Lapadula yang mengarah ke sisi kiri gawang. Bravo melakukan penyelamatan penting dengan menepis bola yang mengarah masuk.

Dalam kondisi terancam, Chile melakukan umpan-umpan progresif yang langsung mengarah ke sektor lini depan untuk membongkar rapatnya pertahanan Peru.

Sanchez kembali memberikan ancaman dengan melesatkan sepakan dari luar kotak penalti yang dengan mudah diantisipasi Gallese pada menit ke-87.

Hingga waktu yang tersisa, kedua tim tidak menciptakan peluang yang berarti dan skor imbang tanpa gol bertahan.

Hasil ini membuat Peru dan Chile kini menempati posisi berurutan peringkat kedua dan ketiga dengan torehan satu poin. Sementara itu puncak klasemen sementara Grup A dikuasai oleh juara bertahan Argentina yang mengamankan tiga poin usai menaklukkan Kanada.

Susunan pemain :

Peru (3-5-2) : Pedro Gallese (PG); Alexander Callens, Carlos Zambrano, Miguel Araujo; Luis Advincula, Piero Cordova, Wilder Cartagena, Sergio Pena, Andy Polo; Edison Flores, Gianluca Lapadula
Pelatih : Fossati

Chile (4-2-3-1) : Claudio Bravo (PG); Mauricio Isla, Paulo Diaz, Igor Lichnovsky, Gabriel Suazo; Marcelino Nunez, Erick Pulgar; Victor Davila, Alexis Sanchez, Diogo Contreras; Eduardo Vargas
Pelatih : Gareca