Kementerian PUPR bangun 12 jembatan di Gimpu sampai Kalamanta Sigi

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Gimpu-Peana-Kalamanta-Batas ,Pipikoro ,Kementerian PUPR

Kementerian PUPR bangun 12 jembatan di Gimpu sampai Kalamanta Sigi

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sigi Edy Saputro (kanan) bersama Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi (kiri) saat menjelaskan progres pembangunan jembatan di ruas jalan Gimpu-Peana-Kalamanta-Batas Provinsi Sulawesi Selatan. ANTARA/MOH SALAM

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 12 jembatan permanen di ruas jalan Gimpu-Peana-Kalamanta-Batas Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan untuk memudahkan akses masyarakat setempat dalam menjual hasil pertaniannya.
 


Adapun tahun 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), mendapatkan bantuan pembangunan jembatan sepanjang ruas jalan Gimpu-Peana. 


 


"Tahun 2019 ruas jalan Gimpu-Peana-Kalamanta-Batas mendapatkan bantuan pendanaan dalam bentuk pembangunan  jembatan sejumlah 10 unit yang melayani ruas Gimpu-Peana sehingga akses roda empat sepanjang 37 kilometer dapat terwujud dengan lebih baik," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sigi Edy Saaputro di Sigj, Minggu.


 


Ia mengemukakan pembangunan jembatan dari Gimpu-Peana menghabiskan anggaran sebesar Rp50 miliar.


 


"Gimpu-Peana jembatan ditangani atau dibangun sebanyak 10 unit dengan nilai Rp50 miliar," ucapnya. 


 


Kata dia, seluruh jembatan sampai di Peana Kecamatan Pipikoro sudah terbangun dengan model box culvert. "Jadi ke arah Peana itu jembatannya sudah permanen semua," sebutnya.


 


Selanjutnya pemerintah daerah setempat mengusulkan untuk pembangunan jembatan dari ruas jalan Peana-Kalamanta-Batas Provinsi Sulawesi Selatan 


 


"Tahun 2023 melalui usulan Bupati Sigi ke Presiden RI dalam hal ini Kementerian PUPR untuk ruas jalan Peana-Kalamanta mendapatkan bantuan pendanaan sebanyak enam unit jembatan permanen.


 


"Saat ini sudah terbangun dua unit jembatan dari total enam yang dibutuhkan yang ke depan akan melayani ruas Peana-Kalamanta sepanjang 64 kilometer, " ujarnya.


 


Edy menjelaskan untuk pembangunan empat jembatan lainnya masih menunggu perencanaan dari Kementerian PUPR. 


 


"Secara teknis tahun 2023 sudah terbangun dua unit jembatan, untuk empat unit lainnya menunggu perencanaan mereka lagi," sebutnya. 


 


Menurut Edy, pemerintah Kabupaten Sigi awalnya mengusulkan ruas Gimpu-Peana-Kalamanta-Batas ke Inpres Jalan Daerah (IJD).


 


"Kementerian PUPR beranggapan bagian substantif yang menghubungkan adalah jembatan, maka total jembatan dibutuhkan sebanyak enam unit dan disetujui semuanya," tuturnya. 


 


Sebelumnya diketahui pengerjaan ruas jalan Gimpu-Peana-Kalamanta-Batas dengan Provinsi Sulawesi Selatan menjadi usulan prioritas Nasional.


 


Hal itu berdasarkan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional tahun 2024 bahwa usulan ruas jalan Gimpu-Peana-Kalamanta-Batas Sulawesi Selatan diterima sebagai usulan prioritas Nasional.