BPJS keliling mudahkan ASN lakukan perubahan data

id BPJS Kesehatan, JKN, BPJS keliling, layanan JKN, Rumondang Pakpahan, Sulteng

BPJS keliling mudahkan ASN lakukan perubahan data

Layanan BPJS Keliling untuk memudahkan peserta JKN mengakses pelayanan BPJS Kesehatan. ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Cabang Palu

Palu (ANTARA) -
BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat, kemudahan layanan tersebut dibuktikan dengan berbagai kanal yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan, baik layanan tatap muka maupun layanan tanpa tatap muka. 


 


Salah satu layanan jemput bola yang dapat dinikmati oleh masyarakat adalah layanan BPJS Keliling.


 


Novi merupakan salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Palu yang turut memanfaatkan layanan BPJS Keliling. 


 


Dirinya mengaku sangat terbantu dengan hadirnya mobil BPJS Keliling di sekitar Kantor Wali Kota Palu. 


 


Pasalnya ia belum memiliki waktu luang untuk datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan penambahan anak ketiganya dan melakukan pemindahan fasilitas kesehatan.


 


“Saat ini saya terdaftar di Puskesmas Singgani, namun karena keterbatasan waktu disiang hari jadinya saya lebih banyak memanfaatkan klinik ataupun dokter praktek di malam hari, sehingga teman menyarankan untuk pindah fasilitas kesehatan ke klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Karena kesibukan di kantor, jadinya saya belum sempat mengurusnya. Syukurnya ada BPJS Keliling yang nongkrong di depan kantor,” terangnya, saat ditemui pada Kamis (13/6).


 


Anak ketiganya juga baru ia daftarkan masuk tanggungannya karena saat lahiran, anaknya belum langsung di daftarkan oleh fasilitas kesehatan. 


Novi mengakui dengan adanya BPJS Keliling disekitar kantornya memudahkan pegawai ASN dalam pengurusan administrasi dan konsultasi terkait layanan pada Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


 


“Semoga saja BPJS Keliling bisa rutin melakukan pelayanan disekitar perkantoran, minimal dua kali dalam seminggulah karena banyak ASN yang butuh layanan administrasi BPJS Kesehatan namun tidak memiliki waktu luang untuk melakukan pengurusan. Tidak hanya itu saja, melalui BPJS Keliling, kami juga bisa mendapatkan informasi terkini terkait program JKN,” ujar Novi.


 


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palu, HS Rumondang Pakpahan mengatakan layanan BPJS Keliling ini sudah terjadwal setiap harinya.


 


Hari senin dan selasa biasanya layanan BPJS Keliling dijadwalkan berada disekitar perkantoran yang ada di Kota Palu, selebihnya biasanya melakukan pelayanan di kantor kelurahan ataupun di pusat-pusat keramaian lainnya.


 


“Berbagai upaya terus dilakukan untuk memberikan kemudahan dan pelayanan yang merata bagi masyarakat. Layanan administrasi keliling ini merupakan salah satu upaya yang cukup efektif untuk bertemu langsung dan membantu mereka dalam pelayanan administrasi JKN,” terangnya.


 


Rumondang juga mengungkapkan pelayanan yang dihadirkan melalui BPJS Keliling ini sama seperti pelayanan yang diberikan di kantor BPJS Kesehatan. 


 


Peserta JKN dapat mengakses administrasi kepesertaan, pemberian informasi juga penanganan pengaduan langsung terkait program JKN. 


 


Petugas yang melayani di BPJS Keliling ini juga akan memberikan edukasi terkait pelayanan administrasi melalui kanal lain yang dapat diakses oleh peserta JKN.


 


“Kebutuhan setiap peserta JKN pastinya berbeda. Itu sebabnya petugas BPJS Keliling akan membantu sesuai kebutuhan peserta, selain itu kita juga mengarahkan peserta untuk mendapatkan pelayanan administrasi melalui kanal yang lain, seperti penggunaan Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165 dan BPJS Kesehatan Care Center 165,” ungkapnya.


 


Layanan BPJS Keliling menjadi solusi dan akan terus dilaksanakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat terutama di wilayah-wilayah yang jangkauannya susah oleh peserta, bukan hanya di sekitaran kota tetapi sampai dengan pelosok negeri.


 


“BPJS Keliling ini dilakukan tidak hanya di daerah perkotaan saja, tetapi juga dilakukan di wilayah pedesaan yang sulit untuk menjangkau Kantor BPJS Kesehatan. Jadi bagi masyarakat yang desanya di kunjungi, silahkan memanfaatkan layanan BPJS Keliling sebaik-baiknya,” tutup Rumondang. (tm/nh)