Rektor: KTGT menjadi ajang promosi UIN Datokarama Palu

id Uin palu, UIN Datokarama, Pramuka, Sigi, Sulteng, Lukman S Thahir ,Kampus, perguruan tinggi

Rektor: KTGT menjadi ajang promosi UIN Datokarama Palu

Rektor UIN Datokarama Lukman S Thahir di dampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat (kanan) menerima piala bergilir, selanjutnya diserahkan kepada panitia untuk diperlombakan pada KTGT XIII Tahun 2024, Rabu (24/7/2024). (ANTARA/HO-Humas Datokarama)

Sigi, Sulteng (ANTARA) -
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Prof Lukman S Thahir mengatakan Kemah Temu Galang Tegak (KTGT) ke-XIII se-Sulawesi Tengah yang dilaksanakan oleh Racana Karamatul, menjadi ajang kegiatan positif untuk mempromosikan kelembagaan kampus tersebut.


 


"Melalui KTGT, pramuka atau siswa dan siswa tingkat SMA dan SMP se-Sulawesi Tengah dapat mengenal UIN Datokarama," kata Lukman S Thahir di Sigi, Jumat.


 


Ia mengemukakan kegiatan KTGT sangat bermanfaat untuk mendekatkan UIN Datokarama dengan pelajar, supaya mereka mengetahui perguruan tinggi ini sehingga kelak mereka tamat dari sekolah sudah memiliki referensi untuk melanjutkan pendidikan tinggi.


 


"Dengan demikian, hubungan antar lembaga dan hubungan emosional antara para pelajar tingkat SMA dan SMP dengan civitas akademik UIN terjalin baik," ujarnya.


 


Menurut dia, kegiatan ini tidak hanya mengandung unsur akademik, tetapi juga pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai wujud kepedulian dan kontribusi civitas akademik UIN Datokarama dalam menopang upaya pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


 


Kegiatan itu melibatkan sekitar 40 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Sigi dan Kota Palu.


 


Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat mengapresiasi upaya dilakukan perguruan tinggi tersebut melalui kegiatan ekstrakurikuler.


 


Kegiatan yang mengusung tema "Central celebes scouts cultivate 1.000 dreams", menurut dia sangat penting untuk membentuk karakter dan keterampilan generasi muda, khususnya dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan, kerja sama, dan rasa tanggung jawab.


 


"Tema kegiatan sangat relevan, mengingat pentingnya peran pramuka dalam mewujudkan mimpi dan aspirasi generasi muda Sulawesi Tengah," ujarnya.


 


Pemkab Sigi berharap dengan berlangsungnya kegiatan KTGT XIII ini, dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi pengembangan pramuka dan generasi muda di provinsi ini.


 


"Tentu Pemkab Sigi akan terus mendukung berbagai kegiatan positif yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)," sebutnya.


 


KTGT XIII tahun 2024 dilaksanakan oleh Racana Karamatul Husna di Kampus II UIN Datokarama di Kabupaten Sigi berlangsung selama lima hari mulai 24-28 Juli 2024, melibatkan kurang lebih 1.000 siswa-siswi pramuka tingkat SMA dan SMP se-Sulteng dan Sulawesi Barat, serta setiap gugus depan membawa 20 sampai 30 peserta.*