Klasemen Formula 1 usai Russel didiskualifikasi dari GP Belgia

id Klasemen Formula 1 2024,Formula 1 2024,Formula 1 GP Belgia 2024,George Russel

Klasemen Formula 1 usai Russel didiskualifikasi dari GP Belgia

Dua pembalap Mercedes Lewis Hamilton dan George Russell. ANTARA/REUTERS/Molly Darlington/aww

Jakarta (ANTARA) - Gelaran GP Belgia yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu malam WIB, dimenangkan oleh pembalap Mercedes, Lewis Hamilton usai rekan setimnya George Russel yang finis pertama didiskualifikasi dari balapan.

Tambahan 25 poin yang didapat Lewis Hamilton dari GP Belgia masih belum mampu menggeser posisi lima besar klasemen sementara.

Di puncak klasemen, pembalap Red Bull, Max Verstappen tetap kokoh dengan koleksi 277 poin meski finis di posisi keempat pada gelaran GP Belgia. Lalu di peringkat kedua ditempati oleh pembalap McLaren, Lando Norris dengan mengamankan 199 poin.



Di peringkat ketiga terdapat pembalap Ferrari, Charles Leclerc yang meraih podium ketiga di GP Belgia dan kini telah mengamankan 177 poin. Sedangkan pembalap McLaren, Oscar Piastri yang meraih podium kedua di GP Belgia masih belum beranjak di peringkat keempat dengan koleksi 167 poin. Membayangi Piastri, Carlos Sainz berada di peringkat kelima dengan selisih lima poin.

Sedangkan Lewis Hamilton yang memperoleh tambahan 25 poin kini berada di peringkat keenam dengan mengamankan 150 poin. Rekan setim Verstappen, Sergio Perez berada di peringkat ketujuh dengan mengamankan 131 poin. Lalu George Russel yang tak meraih poin sama sekali di GP Belgia, kini berada di peringkat kedelapan dengan mengamankan 116 poin.

Di peringkat kesembilan dan kesepuluh secara berurutan ditempati oleh duo Aston Martin, Fernando Alonso dan Lance Stroll yang masing-masing telah mengamankan 49 poin dan 24 poin.

Selanjutnya Formula 1 akan jeda selama satu bulan karena memasuki musim panas. Usai jeda, akan berlangsung GP Belanda di Sirkuit Zandvoort pada 25 Agustus mendatang.

Dilansir dari laman Formula 1, Senin, berikut klasemen sementara sepuluh besar usai GP Belgia:

1. Max Verstappen (Red Bull) - 277 poin
2. Lando Norris (McLaren) - 199 poin
3. Charles Leclerc (Ferrari) - 177 poin
4. Oscar Piastri (McLaren) - 167 poin
5. Carlos Sainz (Ferrari) - 162 poin
6. Lewis Hamilton (Mercedes) - 150 poin
7. Sergio Perez (Red Bull) - 131 poin
8. George Russel (Mercedes) - 116 poin
9. Fernando Alonso (Aston Martin) - 49 poin
10. Lance Stroll (Aston Martin) - 24 poin