OIKN siapkan Istana Garuda-Istana Negara untuk sidang kabinet di IKN

id Basuki Hadimuljono,PUPR,OIKN,sidang kabinet

OIKN siapkan Istana Garuda-Istana Negara untuk sidang kabinet di IKN

Plt. Kepala Otorita IKN/Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/8/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Jakarta (ANTARA) - Plt. Kepala Otorita IKN/Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyiapkan Istana Garuda dan Istana Negara sebagai tempat untuk sidang kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Meski tidak ingin merinci, Basuki menjelaskan pihaknya akan menyiapkan kedua istana tersebut untuk sidang bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju yang dijadwalkan pada 12 Agustus mendatang.

"Kalau itu belum tahu saya. Apa di Istana Negara atau Istana Garuda. Akan kita siapkan dua-duanya," kata Basuki saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Basuki memaparkan bahwa untuk di Istana Negara, OIKN menyiapkan empat hall atau ruangan untuk mencakup semua menteri kabinet.

Sementara itu, para menteri juga akan menginap di Hotel Nusantara di kawasan IKN yang sudah dipastikan ketersediaan infrastruktur dasarnya, seperti pasokan air, listrik hingga jaringan internet.

Oleh karenanya, Basuki pun memastikan bahwa para menteri dapat bermalam dengan nyenyak di hotel berbintang lima tersebut.

Dalam kesempatan sebelumnya, Basuki mengatakan bahwa loose furnitur atau perabotan untuk kelengkapan sidang sudah dikirim dari Sekretariat Negara (Setneg) ke IKN, begitu juga dengan AC yang sudah tersedia.

"Furnitur kan dari Setneg sudah disana semua, tinggal masang-masang," kata Basuki.

Adapun Presiden Jokowi akan berada di IKN pada 11-13 Agustus 2024, kemudian kembali ke Jakarta pada 14 Agustus 2024.

Pada Senin, 12 Agustus 2024, Presiden Jokowi dijadwalkan memimpin sidang kabinet. Seluruh menteri juga sudah dipastikan menghadiri sidang tersebut di IKN.