SAR Palu tangani 68 kejadian hingga Juli 2024

id Sar, Kansarpalu, Andrias Johanes, operasi SAR, bencana, Sulteng, kota Palu,Basarnas

SAR Palu tangani 68 kejadian hingga Juli 2024

Ilustrasi - Sejumlah peserta pelatihan SAR naik di atas perahu karet melakukan simulasi terkait teknik dasar pencarian dan pertolongan di dalam air yang berlangsung di Kabupaten Morowali, Kamis (16/3/2023). ANTARA/HO-Basarnas Palu

Palu (ANTARA) -
Kantor SAR Palu, Sulawesi Tengah, menangani sebanyak 68 kejadian membahayakan keselamatan manusia pada periode Januari hingga Juli 2024.
 
"Operasi SAR dilakukan beragam dengan medan operasi yang dinamis," kata Kepala Kantor SAR Palu Andrias Hendrik Johanes, di Palu, Rabu.
 
Ia menyebutkan kegiatan operasi didominasi penanganan kecelakaan pelayaran sebanyak 31 kejadian, kemudian bencana alam (hidrometeorologi) sebanyak 13 kejadian, dan kondisi membahayakan keselamatan jiwa manusia 24 kejadian.
 
Jika dibandingkan penanganan kejadian pada 2023 yang hanya sekitar 57 kejadian, menurut dia, tahun ini justru melonjak dan kondisi tersebut tidak terlepas dari faktor alam maupun kelalaian manusia.
 
 
"Kami mengimbau pemilik dan pengguna jasa transportasi laut agar senantiasa memperhatikan kondisi cuaca maupun melakukan pengecekan terhadap komponen kapal sebelum berlayar. Hal sepele dapat menimbulkan dampak besar bila tidak dilakukan penanganan tepat," ujarnya.
 
Ia mengemukakan dari 68 kejadian yang ditangani Kantor SAR Palu, terdapat 421 korban meliputi 397 korban selamat, 22 korban meninggal dunia, dan dua orang dinyatakan hilang.
 
Untuk meningkatkan kapasitas operasi SAR, pihaknya secara berkala melakukan penguatan terhadap para personel melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat), termasuk meningkatkan kemampuan potensi SAR secara eksternal sebagai upaya membangun dan memantapkan kolaborasi saat menjalankan tugas-tugas kemanusiaan.
 
 
Di sisi lain, pihaknya juga melibatkan masyarakat dalam penguatan mitigasi bencana, karena Sulawesi Tengah salah satu daerah rawan terhadap bencana alam baik gempa, tsunami, likuefaksi, banjir maupun tanah longsor.
 
"Menghadapi kondisi darurat dibutuhkan pengetahuan yang cukup. Hal itu dimaksudkan guna menekan timbulnya korban jiwa," ucap Andrias.
 
Ia menambahkan, saat ini Kantor SAR Palu memiliki unit-unit penunjang di antaranya Pos SAR Parigi mencakup wilayah operasi Kabupaten Parigi Moutong dan sekitarnya, kemudian Pos SAR Luwuk dengan jangkauan operasi mencakup Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut.
 
 
Kemudian unit siaga SAR Kabupaten Morowali mencakup wilayah operasi hingga Kabupaten Morowali Utara, serta unit siaga SAR Tolitoli mencakup wilayah operasi hingga Kabupaten Buol.
 
"Total personel kami sebanyak 86 orang, selain itu kami juga didukung dengan peralatan teknis lainnya untuk memudahkan kegiatan operasi, baik di darat maupun perairan," kata dia.