Poso Energy terima kunjungan dari KPH dan Mahasiswa Falkutas Kehutanan Untad

id Poso Energy

Poso Energy terima kunjungan dari KPH dan Mahasiswa Falkutas Kehutanan Untad

PT Poso Energi diwakili oleh Humas PLTA Poso 515 MW bapak M Syafri menerima kunjungan KPH Sintuwu Maroso Poso pada tanggal 16 Agustus 2024. ANTARA/HO-Hum PT Poso Energy

Poso, Sulteng (ANTARA) - PT Poso Energi diwakili oleh Humas PLTA Poso 515 MW bapak M Syafri menerima kunjungan KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) Sintuwu Maroso Poso, tanggal 16 Agustus 2024.

Kunjungan KPH Sintuwu Maroso yang di koordinir oleh Bapak Hemce Steven bersama bersama 20 Mahasiswa (i) Fakultas Kehutanan UNTAD yang sedang melakukan kegiatan magang di KPH Sintuwu Maroso.

Dalam kunjungan tersebut KPH dan mahasiswa (i) mendapatkan informasi terkait pengelolaan lingkungan dan kehutanan yang dilakukan oleh perusahaan. PT Poso Energi berkomitmen mengelola lingkungan dan kehutanan untuk menjaga kelestarian sumberdaya air Sungai Poso dan Danau Poso, sebab kebutuhan air untuk membangkitkan energi listrik bukan hanya harus tersedia dalam jumlah yang cukup, tapi juga harus dengan kualitas air yang baik.
 
PT Poso Energi diwakili oleh Humas PLTA Poso 515 MW bapak M Syafri menerima kunjungan KPH Sintuwu Maroso Poso pada tanggal 16 Agustus 2024. ANTARA/HO-Hum PT Poso Energi


PT Poso Energi sejak tahun 2012 telah melakukan berbagai upaya untuk hal tersebut, mulai dari monitoring kualitas air sungai, rehabilitasi DAS di Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Poso dan Sungai Poso secara mandiri maupun kerja sama dengan institusi pemerhati lingkungan, dan juga penghijauan di beberapa area lahan tidur di sekitar Sungai Poso.   

Program Pengelolaan Daerah Aliran Sungai telah dilaksanakan pada DAS Danau Poso yang pertama tahun 2015 dilakukan pada sub DAS Kodina - Saroso seluas 19,96 Ha & 51 Ha dalam area kawasan hutan sebagai tanggung jawab pemegang PPKH. Kemudian tahun 2018 dilakukan pada sub DAS Meko seluas 130 Ha dengan skema program rehab Das mandiri di luar kawasan Hutan (APL), dan tahun 2023 sampai saat ini dilakukan di sub DAS Wimbi seluas 50 Ha.

PT Poso Energy terus berupaya menjaga kelestarian sumberdaya air baik kuantitas dan kualitasnya, agar dapat mendukung kebutuhan energi listrik sistem Sulawesi secara kontinyu.

"Terima kasih kepada KPH Sintuwu Maroso dan mahasiswa (i) Fakultas Kehutanan UNTAD Palu atas kunjungannya, semoga informasi yang diperoleh dapat menjadi tambahan ilmu dan informasi yang bermanfaat," kata M Syafri.