Tembakan amunisi tajam jadi pamungkas Latgabma SGS 2024 di Situbondo

id Situbondo,Latgabma SGS 2024,SUper Garuda Shield,Puslatpur 5 Marinir Baluran,latihan tempur di Situbondo,US Army,militer

Tembakan amunisi tajam jadi pamungkas Latgabma SGS 2024 di Situbondo

Latihan tembakan amunisi tajam terintegrasi antar-kecabangan puncak Latgabma SGS 2024 di Puslatpur 5 Marinir Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Jumat (6/9/2024) ANTARA/Umarul Faruq

Situbondo (ANTARA) - Latihan tembakan amunisi tajam terintegrasi antar-kecabangan menjadi kegiatan puncak Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2024 di Pusat Latihan Tempur 5 Marinir Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Ada ratusan personel yang terlibat dalam latihan penembakan amunisi tajam terintegrasi ini, dan pasukan multinasional gabungan, yakni Tentara Nasional Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jepang dan Singapura.

"Kita (Indonesia) ini kan nonblok ya, melaksanakan kerja sama (Latgbama SGS 2024) ini adalah untuk mengeratkan hubungan antarnegara," kata Komandan Kodiklat TNI Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah usai meninjau latihan Calfex Latgabma SGS 2024 di Titik Tinjau 12 (T-12) di Puslatpur 5 Marinir Baluran, Kabupaten Situbondo.

Dalam latihan puncak penembakan amunisi tajam terintegrasi antar-kecabangan atau combined arms life fire exercise (Calfex) ini diawali dengan tembakan terintegrasi menggunakan HIMARS Artileri 105mm yang melakukan tembakan pra-serangan guna memfasilitasi penyerbuan, penerobosan dan perebutan sasaran musuh oleh pasukan infantri.

Kemudian, pasukan infanteri mengamankan sasaran yang telah dikuasi serta melaksanakan pembersihan wilayah musuh dan diakhiri dengan pengamanan helicopter landing zone.

Setelah pendaratan helikopter diamankan selanjutnya dilaksanakan bantuan serangan udara oleh helikopter tempur.
Komandan Kodikllat TNI foto bersama dengan perwakilan negara sahabat dalam latihan puncak tembakan amunisi tajam terintegrasi antar-kecabangan Latgabma SGS 2024 di Puslatpur 5 Marinir Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Jumat (6/9/2024) ANTARA/Umarul Faruq

Setelah wilayah dikuasai, pasukan Infanteri akan mengamankan wilayah yang telah dikuasi dan membangun pertahanan jika terjadi serangan balik musuh.

Operasi ini melibatkan pasukan khusus gabungan TNI dan Amerika Serikat yang melaksanakan Combat Search and Rescue (CSAR).

Latihan puncak Calfex Super Garuda Shield 2024 juga merupakan ajang untuk melakukan validasi kemampuan komandan lapangan untuk merencanakan dan melakukan tembakan langsung secara taktis, aman dan realistis dengan menerapkan prinsip-prinsip taktik manuver dalam lingkungan pertempuran.

Adapun persenjataan dan alutsista yang digunakan, yakni Meriam 105 KH 178, Meriam 105 M119, Heli Caracal, Heli Panther, Heli UH-60 Iackhawk, ASTROS, HIMARS, MO 60 dan MO 81.

Dari pantauan, dua pesawat tempur F-16 dan dua pesawat tempur Super Tucano milik TNI Angkatan Udara juga dilibatkan melakukan pengeboman sasaran dalam latihan puncak Calfex Latgabma SGS 2024.