Kontingen-Sulteng telah kantongi 27 medali pada PON 2024

id Satgas Kontingen Sulteng ,Perolehan medali Sulteng ,PON Aceh-Sumut ,PON 2024,Sulawesi Tengah

Kontingen-Sulteng telah kantongi 27 medali pada PON 2024

Tim petanque Sulteng menerima medali emas PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Banda Aceh, Senin (16/9/2024). (ANTARA/HO-Satgas Kontingen Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kontingen Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) telah mengantongi 27 medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024.
 


Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di Palu, Kamis, menyampaikan apresiasi terhadap seluruh atlet yang telah dan sedang berjuang untuk mewujudkan program Sulteng Emas.

 

"Atlet-atlet kita punya mental petarung, sehingga tidak pernah patah semangat sehingga di detik-detik terakhir mereka bisa mengumpulkan medali emas," katanya.

 

Ia mengaku pencapaian ini tidak lepas dari upaya Ketua Satgas Kontingen Sulteng Brigjen TNI Dody Triwinarto yang telah memberikan pemusatan latihan daerah (Pusltada) ala militer kepada para atlet untuk menguatkan mental dan semangat mereka.

 

Ia menyampaikan rasa bangganya terhadap atlet Sulteng yang telah menorehkan prestasi baru bagi provinsi ini. Pada PON IXX Jawa Barat, Sulteng hanya mencatat perolehan total 11 medali, yakni empat medali perak dan tujuh medali perunggu.

 

Kemudian pada PON XX 2021 Papua, Sulteng berada pada peringkat 29 dengan total 12 medali, yang terdiri atas satu emas, lima perak dan enam perunggu.

 

Pada PON XXI Aceh-Sumut sampai pada 19 September 2024, Provinsi Sulteng berhasil naik ke posisi 20 di klasemen perolehan PON dengan perolehan lima medali emas, lima perak dan 17 perunggu.

 

Ketua Satgas Kontingen Sulteng Brigjen TNI Dody Triwinarto mengatakan pencapaian ini merupakan bukti bahwa atlet Sulteng memiliki semangat juang dan mental petarung.

 

"Ini menjadi bukti bahwa atlet kita memiliki mental petarung. Mereka terus berjuang dan menunjukkan aksi nyata," katanya.


 


Ia juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para pelatih, pendamping, tim kesehatan dan official yang telah mendampingi dan memastikan kegiatan ini berjalan lancar hingga akhir pertandingan.