UIN Datokarama Palu kirim mahasiswa ke Thailand laksanakan KKN Internasional

id Kkn, internasional, bahasiswa UIN, uinpalu, UINdatokarama, Lukman Thahir, perguruan tinggi, kampus, PTKIN, Sulteng ,Thai

UIN Datokarama Palu kirim mahasiswa ke Thailand laksanakan KKN Internasional

Rektor UIN Datokarama Palu Prof Lukman S Thahir (lima kiri), Ketua LPPM UIN Palu Sahran Raden (empat kanan), dan Kepala Pusat Hubungan Internasional UIN Palu Abdul Gafur (ketiga kanan) saat berfoto bersama dengan peserta KKN Internasional di Thailand, Minggu (22/9/2024). ANTARA/HO-UIN Datokarama Palu.

Palu (ANTARA) -
Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Sulawesi Tengah mengirimkan delapan mahasiswanya ke Thailand untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional sebagai salah satu strategi pengembangan akademik.
 
"Delapan mahasiswa kami kirim mengikuti KKN Internasional, dimulai 20 September hingga 30 Oktober 2024," kata Rektor UIN Datokarama Prof Lukman S Thahir melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Palu, Minggu.
 
Ia menjelaskan, program KKN Internasional itu mengutus masing-masing dua mahasiswa Program Studi (Prodi), yakni  Prodi Agama Islam, Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, kemudian Prodi Aqidah Filsafat, Prodi Ilmu Al Quran dan Tafsir.
 
Program tersebut guna memperkuat jaringan dan kolaborasi pengetahuan serta kebudayaan Internasional.
 
“Tujuannya untuk mengembangkan program pemberdayaan masyarakat antara UIN Datokarama Palu dengan dunia usaha atau sekolah mitra di luar negeri,” ujarnya.
 
Ia menjelaskan lebih lanjut, mahasiswa yang melaksanakan KKN Internasional dilatih berpartisipasi secara aktif dalam menganalisa dan memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat luar negeri, termasuk menerapkan keterampilan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat Internasional.
 
Ia juga berpesan kepada mahasiswa agar selalu menjaga diri dan berperan dalam kegiatan kemasyarakatan dan pemerintahan.
 
“Mahasiswa mewakili institusi UIN Datokarama di masyarakat global, maka itu latih lah diri anda supaya dapat bersinergi dan belajar pada masyarakat Thailand,” kata Lukman.
 
Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Datokarama Palu Sahran Raden melaporkan, kegiatan ini merupakan upaya mengembangkan kemampuan keilmuan mahasiswa dalam menyebarkan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat Internasional.
 
Selain itu, kegiatan ini juga akan menyelenggarakan seminar Internasional dengan tema “Penguatan Moderasi Beragama di Level Global untuk Mewujudkan Perdamaian Dunia” dilaksanakan pada 24 September di Thailand, berkolaborasi dengan Fatoni University.
 
"Kami juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama -PKS- di bidang pengembangan pendidikan," katanya.