Kadishub: Arus Mudik-balik Lebaran Sulteng Lancar

id rengga

Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tengah Haris Rengga (foto/anas masa)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tengah Haris Rengga mengatakan arus mudik dan balik Lebaran 2017 di daerah ini terbilang lancar dan sukses.

"Semua berjalan baik. Ini tentu karena adanya koordinasi dan sinergi antara instansi terkait di daerah ini," katanya, di Palu, Senin.

Haris mengatakan arus mudik yang mengalami peningkatan cukup signifikan terjadi pada transportasi darat dan udara.

Sedangkan arus mudik lebaran menggunakan jasa transportasi laut dengan kapal Pelni mengalami peningkatan, tetapi tidak mencolok seperti moda transportasi udara dan darat.

Pemudik yang menggunakan moda transportasi darat dan udara kali ini cukup padat dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Sekali pun terjadi lonjakan arus mudik Lebaran 2017 lewat darat maupun udara, namun semuanya dapat diimbangi karena jumlah bus dan pesawat yang tersedia cukup memadai.

Ia menjelaskan kepadatan arus mudik lebaran dengan menggunakan bus antarkota antarprovinsi dan antarkota dalam provinsi (AKAP/AKDP) keluar maupun dalam wilayah Sulteng terjadi mulai H-3.

Sedangkan arus balik lebaran terjadi pada H+6 dan H+7 Idulfitri 1438 Hijriah.

Arus mudik lebaran menggunakan jasa transportasi udara terjadi seminggu menjelang hari raya dan arus balik pada H+6 dan H+7 Lebaran 2017.

Haris mengatakan semua petugas posko angkutan mudik Lebaran 2017 baik darat, laut, dan udara yang dibentuk pada semua kabupaten dan kota di Sulteng menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

"Kelancaran dan kesuksesan arus mudik dan balik lebaran di Sulteng, semua karena adanya kerja sama yang baik antara instansi terkait di daerah ini," kata Haris pula.(skd)  
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar