KRI Dewaruci kembali berlayar, spesial untuk HUT Kemerdekaan

id dewaruci

KRI Dewaruci kembali berlayar, spesial untuk HUT Kemerdekaan

KRI Dewaruci (Foto : ANTARA)

Surabaya (antarasulteng.com) - KRI Dewaruci kembali melakukan perlayaran dari Surabaya menuju Jakarta dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI, kata Panglima Koarmatim Laksda TNI Darwanto ketika menyambut sejumlah mantan komandan KRI ini di Geladak KRI Dewaruci, Dermaga Ujung Koarmatim, Surabaya, Selasa.

"Ini merupakan pelayaran spesial karena akan melakukan upacara bendera Hari Kemerdekaan RI di tengah laut pada 17 Agustus," kata Darwanto.

Dia menjelaskan, perjalanan ini diharapkan menjadi tanda bahwa KRI Dewaruci akan terus berlayar hingga alhir hayat.

"Pelayaran kali ini mengangkat tema KRI Dewaruci menuju 100 Tahun dan dihadiri 155 peserta yang terdiri dari mantan komandan KRI Dewaruci, pati purnawirawan TNI/Polri, awak KRI Dewaruci dan wartawan dari berbagai media," katanya.

Pelayaran ini akan ditempuh KRI dalam dua hari mulai 15 -17 Agustus 2017, dan akan diisi berbagai kegiatan, salah satunya parade "roll" yakni posisi menempati semua tangga-tangga tiang ketika memasuki dan keluar pelabuhan yang dituju.

Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi mengatakan perjalanan KRI ini adalah perjalanan nostalgia.

"Ini merupakan perjalanan sejarah, karena mempertemukan para mantan komandan KRI Dewaruci mulai angkatan 10 tahun 1964 hingga angkatan 56 tahun 2011 Akademi Angkatan Laut," katanya.

KRI Dewaruci akan digantikan oleh KRI Bimasuci yang saat ini masih dalam proses penyelesaian di Vigo, Spanyol. (skd)
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar