PLN beri perhatian khusus pelaksanaan UNBK

id pln,unbk,smk

PLN beri perhatian khusus pelaksanaan UNBK

Manager PT. PLN (Persero) Area Palu Abbas Saleh (Antaranews Sulteng/Arsandi)

Palu, (Antaranews Sulteng) - PT PLN Area Palu, Sulawesi Tengah, memberikan perhatian khusus kepada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kompoter (UNBK) tingkat SMU/SMK Tahun 2018 di daerah itu.

"Jauh sebelumnya kami sudah melakukan langkah antisipasi agar tidak terjadi gangguan pada pembangkit listrik sehingga pasokan listrik untuk pelaksanaan UNBK di Sulteng berjalan lancar," kata Manager PLN Area Palu Abbas Saleh di Palu, Selasa.

Pihaknya, kata dia, berupaya semaksimal mungkin menjaga dan mempertahankan suplai listrik, bukan hanya untuk pelaksanaan UNBK, tetapi juga kebutuhan rumah tangga dan industri di daerah itu.

Namun demikian, untuk pelaksanaan UNBK, PLN memberikan perhatian lebih karena jika tiba-tiba listrik padam, dipastikan jaringan komunikasi data juga mengalami gangguan.

Karena itu, sebelum pelaksanaan UNBK, semua petugas PLN di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng bersiaga. Bahkan untuk pelaksanaan UNBK, pihaknya menerjunkan personel khusus yang akan siaga di sekolah-sekolah tempat berlangsungnya UNBK.

Baca juga: DPRD Sulteng pantau UNBK di Sigi

Dengan demikian, jika ada gangguan maka dengan cepat bisa diatasi karena di beberapa sekolah, PLN menempatkan genset cadangan. "Tapi hanya di beberapa sekolah saja, sebab genset yang dimiliki PLN sangat terbatas jumlahnya," kata Abbas.

Menurut dia, yang cukup dikhawatirkan jika terjadi gangguan para jaringan listrik, sebab sebagian besar jaringan listrik melewati kebun masyarakat dan juga hutan.

Terutama jaringan listrik PLTA Sulewana Poso menuju gardu induk (GI) di Desa Sidera, Kabupaten Sigi melewati hutan sehingga rawan terjadi gangguan tertimpa pepohonan tumbang.

Dia berharap selama UNBK berlangsung listrik tetap normal.

Pelaksanaan UNBK tingkat SMK berlangsung dari 2-5 April 2018.

Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng menyebutkan semua SMK di Sulteng sudah 100 persen melaksanakan UNBK.

Baca juga: Pelaksanaan UNBK hari pertama di Palu lancar