Ini makna di balik sanggul

id sanggul

Ilustrasi (Foto Antara/dok)

Sobat pasti tahu dong ya yang namanya sanggul. Itu lho, rambut gelung yang ada pada bagian kepala belakang perempuan. Biasanya, sanggul ini dikenakan oleh para perempuan Jawa, lengkap dengan busana kebaya. 

Sanggul biasanya menggunakan rambut asli. Tapi, sekarang ini sudah banyak sekali tersedia sanggul dengan menggunakan rambut palsu. Sanggul biasanya juga disebut dengan istilah konde. 

Sanggul ternyata bukan hanya sekadar tatanan riasan rambut semata. Namun di balik itu semua, sanggul memiliki makna dam filosofi tersendiri. 

Guru Besar Universitas Indonesia Prof. Dr. Njaju Jenny Malik, S.S., M,A memberikan penjelasan tentang makna yang terkandung dalam sanggul. Menurutnya, sanggul merupakan penggambaran seorang perempuan yang pandai menyimpan rahasia. 

"Sanggul menunjukkan seorang wanita yang harus menyimpan rahasia," ujar Prof. Njaju. 

Prof. Njaju menjelaskan, sanggul dimaknai sebagai kepintaran perempuan dalam menyimpan rahasia, baik rahasia dirinya, maupun rahasia keluarganya. Artinya, bila seorang perempuan memiliki masalah pribadi, maupun masalah tentang keluarganya, biarkan masalah atau rahasia tersebut tetap tersimpan di bagian belakang dirinya (sanggul).

Sementara pada bagian depan (wajah) seorang perempuan harus tetap terlihat tersenyum. "Artinya walaupun kita sedang susah, berat, di depan kita harus tetap tersenyum cantik. Mari kita lestarikan dan tidak kehilangan jati diri perempuan kita," pungkas Prof. Njaju.
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar