Tokoh agama ajak masyarakat antaragama bersatu bangun Kabupaten Sigi

id sigi,zainal abidin

Tokoh agama ajak masyarakat antaragama bersatu bangun Kabupaten Sigi

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Zainal Abidin MAg bersama Bupati Sigi Drs Mohammad Irwan Lapatta MSI (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Sigi, Sulawesi Tengah (Antaranews Sulteng) - Salah seorang Tokoh Agama Islam di Kota Palu, Prof. Dr. H. Zainal Abidin, MAg mengajak umat antaragama bersatu bersama-sama membangun Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

"Harus ada persatuan, kebersamaan dan persamaan pemahaman antaragama agar pembangunan di Sigi meningkat dan berkelanjutan," katanya terkait HUT ke-10 Kabupaten Sigi di Desa Berdikari, Kamis.

Guru Besar Pemikiran Islam Modern IAIN Palu ini dalam ceramahnya pada HUT Sigi yang dirangkaikan dengan halal bihalal menyebut, umat antaragama tidak boleh terpecah belah dan bermusuhan hanya karena berbeda keyakinan.

Menurut dia, perbedaan keyakinan jangan sampai menjadi pembatas umat antaragama bekerja sama. Hal itu karena perbedaan agama adalah ketentuan Tuhan Yang Maha Esa, bukan kemauan individual.

Karena itu, sebut dia, umat antaragama di Sigi harus menonjolkan bahwa kabupaten yang dipimpin Bupati Mohammad Irwan Lapatta dan Wakil Bupati Paulina, sebagai contoh kerukunan antaragama.

"Sigi harus jadi contoh kerukunan antarumat beragama. Olehnya harus ada persatuan dan kebersamaan dari tiap-tiap pemeluk agama," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Sigi kerjasama ITB bangun kebun raya

Ketua Rois Syuria Nahdlatul Ulama Sulawesi Tengah ini, mengimbau kepada umat beragama untuk tidak saling berburuk sangka. Karena, berburuk sangka akan memutuskan silaturahim yang berdampak terhadap runtuhnya kebersamaan.

Padahal, menurut dia, tokoh-tokoh agama dari masing-masing agama memiliki peran penting dalam membina umat untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, yang berdampak terhadap peningkatan kemajuan daerah di Sigi.

"Dari aspek pendidikan, tokoh-tokoh agama memiliki peran penting. Hal ini harus di lakukan lewat pembinaan di masing-masing agama untuk membantu pemerintah Sigi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," ucap Rektor pertama IAIN Palu itu.

Prof. Dr. H. Zainal Abidin, MAg dihadirkan oleh Pemkab Sigi untuk menyampaikan hikmah halal bi halal yang dirangkaikan dalam acara peringatan HUT ke-10 Kabupaten Sigi di Desa Berdikari Kecamatan Palolo.