Pemkab Sigi kerjasama ITB bangun kebun raya

id kebun raya

Pemkab Sigi kerjasama ITB bangun kebun raya

Ilustrasi: Kebun Raya (Foto Antara/dok

Program ini tentu membutuhkan keterlibatan semua pihak, terutama masyarakat, dimana program itu tekah dicanangkan dua tahun lalu
Sigi, (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) telah merencanakan pembangunan Kebun Raya Sigi (KRS) di Desa Sidondo, Kecamatan Sigi Biromaru.

Bupati Sigi, Irwan Lapata, di Sigi, Selasa, mengatakan pembangunan kebun raya tersebut didanai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kata Irwan, KRS membutuhkan lahan yang cukup luas, sehingga berdasarkan survei yang dilakukan, maka Desa Sidondo yang terpilih.

Selain itu, di desa tersebut, terdapat lahan peternakan Karawa Tandau seluas kurang lebih 58 hektare, yang sebelumnya merupakan lahan peternakan milik Pemkab Donggala.

Irwan mengungkapkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat pemilik lahan dan pemerintah desa, di Desa Sidondo I, II, III dan IV pada Senin (9/4).

Sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada pemilik lahan mengenai tujuan dan manfaat pembangunan kebun raya tersebut.

Menurut Bupati, dengan adanya pembangunan kebun raya, maka diharapkan terbuka ruang ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Sigi, khususnya di Desa Sidondo.

"Bila kebun raya telah terbuka, maka akan banyak pengunjung yang datang ke tempat ini dan secara otomatis akan menggerakkan perekonomian masyarakat. Apalagi di tempat ini akan dibangun infrastruktur jalan baru dari Bora sampai ke Pandere," jelas Bupati Irwan.

Bupati berharap, pemerintah setempat bersama masyarakat dapat mendukung program pemerintah tersebut.

Selain itu, bupati juga mengajak masyarakt untuk mendukung "Sigi Hijau" yang merupakan program prioritas Pemerintah Kabupaten Sigi saat ini.

"Program ini tentu membutuhkan keterlibatan semua pihak, terutama masyarakat, dimana program itu tekah dicanangkan dua tahun lalu," kata bupati.

Selain itu, masih terlihat juga lahan-lahan tandus yang perlu dihijaukan dengan menanam berbagai jenis pepohonan dan tanaman produktif yang bisa menompang ekonomi masyarakat di Kabupaten Sigi.