PJI Sulsel Latih Mahasiswa Mengenal "Citizen Journalism"

id pji, mahasiswa, latih

PJI Sulsel Latih Mahasiswa Mengenal "Citizen Journalism"

Ilsutrasi-Citizen Journalism (antaranews)

Keterlibatan generasi muda dalam industri komunikasi khususnya jurnalistik sangat dibutuhkan, paling tidak mereka memiliki wadah untuk bisa berekspresi dan berkarya," ujar Ketua Pelaksana seminar Citizen Journalism Aco Mappanganro
Makassar, (antarasulteng.com) - Pengurus Daerah Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan mengajak sejumlah mahasiswa untuk mengenal dan memperdalam ilmu jurnalistik melalui pelatihan citizen journalism.

"Keterlibatan generasi muda dalam industri komunikasi khususnya jurnalistik sangat dibutuhkan, paling tidak mereka memiliki wadah untuk bisa berekspresi dan berkarya," ujar Ketua Pelaksana seminar Citizen Journalism Aco Mappanganro di Makassar, Minggu.

Kegiatan yang dimulai 16 hingga 19 November 2012 ini dirangkaikan dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) PJI Sulaesi Selatan yang ke-5 yang jatuh tepat pada 17 November tahun ini.

Sejumlah pemateri seperti Redaktur Senior Harian Tribun Timur, Assisten Redaktur LKBN Antara Biro Sulselbar hingga Koordinator Liputan TV One Biro Makassar dan sejumlah tokoh jurnalis lainnya cukup antusias memberikan materi pendidikan kewartawanan dalam kegiatan itu.

Materi pendidikan dasar jurnalistik seperti pengenalan teknik wawancara, membuat berita dan feature menjadi bekal peserta bagaimana cara menyampaikan aspirasi melalui karya-karya jurnalistik.

"Materi pengenalan jurnalisme elektronik hingga cyber media dan citizen journalism juga kami perkenalkan kepada peserta. Kita berharap modul pendidikan ini bisa menjadi alternatif mereka menyampaikan pandangannya tanpa turun ke jalan," ucap dia
Puluhan mahasiswa yang menjadi peserta pelatihan itu juga diberikan kesempatan untuk bergabung dalam barisan kader muda Pengda PJI Sulsel dan diberikan kesempatan untuk magang di redaksi media massa di Makassar.

Barisan kader muda PJI Sulsel angkatan pertama ini akan dilantik dan dikukuhkan di hadapan pengurus daerah PJI Sulsel yang bertempat di Hotel J-Star Boulevard Makassar, Minggu (18/11) malam.(KR-MH/SKD)