Bantul Kembangkan Wisata Laguna

id laguna, bantul

Bantul Kembangkan Wisata Laguna

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Basri Marzuki)

Bantul (antarasulteng.com) - Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus mengembangkan wisata laguna dan wisata air di kawasan Pantai Samas di Desa Srigading, Kecamatan Sanden.
         
"Tahun ini pengembangan wisata Pantai Gua Cemara sudah berjalan, dan tahun depan pengembangan wisata Pantai Samas. Ada wisata laguna dari Samas ke Pantai Depok (sebelah timur Pantai Samas)," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul Bambang Legowo, Kamis.
         
Menurut dia, pada 2013 Kabupaten Bantul akan menganggarkan dana sebesar Rp200 juta untuk pengadaan empat perahu bagi wisatawan yang akan menyusuri rute Samas-Depok.
         
"Saya pernah bersama Bupati Bantul Sri Suryawidati dan Kepala Kejaksanaan Negeri, naik perahu menyusuri laguna. Jaraknya dua setengah kilometer, dan itu menantang," katanya.
         
Apalagi, kata dia, saat ini juga sedang direalisasikan pembangunan pondok wisata di sebelah timur Pantai Samas. Di pondok wisata itu terdapat dermaga sebagai pangkalan perahu wisatawan.
         
"Kami berharap mudah-mudahan pada 2013 pondok wisata yang dikonsep untuk pangkalan perahu dan menangkap ikan ini, sudah selesai pembangunannya. Saya melihat kawasan Pantai Samas akan berkembang bagus," katanya.
         
Menurut dia, guna mewujudkan pengembangan Pantai Samas, masih dibutuhkan perbaikan infrastruktur jalan menuju pondok wisata, karena saat ini jalannya belum lebar, dan belum diperkeras. (KR-HRI)