Kota Tentena dibenahi sebagai tujuan wisata utama di Poso

id TENTENA,PATUNG TUGU,POSO

Kota Tentena dibenahi sebagai tujuan wisata utama di Poso

Foto bersama di depan tugu patung Cruyt - Adriani di Kota Tentena usai peresm,ian tugu tersebut oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, Jumat (1/2), (Antaranews Sulteng/PPID Poso)

Tentena (Antaranews Sulteng) - Tekad Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang terus berupaya mempercantik dan memperindah wajah Kabupaten Poso khususnya di Kota Wisata Tentena terlebih untuk memberi nuansa baru dengan tetap memperhatikan nilai-nilai sejarah, adat budaya dan kearifan lokal dimaksudkan untuk mendorong terwujudnya Kota Tentena sebagai kota tujuan wisata di Indonesia.

Pemerintahan daerah di bawah kepemimpinan Darmin Sigilipu-Samsuri terus membangun sarana dan fasilitas pendukung di Taman Kota Tentena untuk kenyamanan pengunjung; pembangunan tugu di persimpangan taman kota, pembangunan taman di kawasan jalan menuju lokasi FDP serta pembangunan tugu patung Albertus Christian Kruyt dan Dr. Nicolaus Adriani di persimpangan jalan masuk Kota Tentena.

Murniati Putosi, SP, M.Si selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Poso Murniati Purosi mengatakan dengan pembangunan dan perbaikan sarana serta fasilitas di beberapa titik di Kota Tentena menunjukkan bahwa Kota Tentena juga menjadi prioritas utama lokasi pembangunan untuk mewujudkan Kota Tentena sebagai kota tujuan wisata dan pendidikan.

Ia juga menambahkan bahwa upaya-upaya peningkatan nilai estetika Kota Tentena akan terus dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan dengan mempertimbangkan dinamika perkembangan fisik yang terjadi di Kota Tentena dan sekitarnya.

Terkait dengan pembuatan tugu patung Kruyt dan Adriani, Murniati menyebut bahwa hal itu merupakan sebuah ide dan gagasan serta usulan dan permohonan dalam rangka menyatupadukan program antara pemerintah daerah dan Majelis Sinode GKST selain untuk meningkatkan nilai estetika Kota Tentena juga sebagai bentuk penghargaan kepada dua orang tokoh zending yang melakukan karya pelayanan keagamaan, pendidikan dan kesehatan di Tana Poso.

Sebelum meresmikan tugu patung yang ditandai dengan penandatanganan prasasti ini, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan bahwa keberadaan tugu patung yang ditempatkan di pintu masuk Kota Tentena ini mempresentasekan sebuah ajakan bagi seluruh warga Kota Tentena dan sekitarnya bahkan seluruh warga Kabupaten Poso untuk memaknai dan melakukan ajaran-ajaran agung dan universal yang dipesankan oleh Kruyt dan Adriani.

"Kita diajarkan untuk saling mengasihi serta tidak menebarkan benih-benih kebencian dan perpecahan di antara masyarakat. Ketika kita dapat melaksanakan ajaran-ajaran tersebut, maka yakin dan percaya, atas pertolongan Tuhan, kita dapat mewujudkan Kota Tentena sebagai kota tujuan wisata dan kota religius yang pada akhirnya nanti atas perkenaan Tuhan akan mendatangkan keuntungan yang positif bagi kita semua dan daerah Tana Poso," ujar Darmin.

Peresmian Tugu yang berlangsung di Taman Kota Tentena pada Jumat 1 Februari 2019 ini juga diramaikan dengan pergelaran seni oleh Sanggar Seni Seseando SMA GKST 2 Tentena dan Pembacaan sejarah tentang Karya Pelayanan Albertus Christian Kruyt dan Dr. Nicolaus Adriani di Tana Poso oleh Majelis Sinode GKST yang disampaikan Pdt. M. Botilangi, S.Pak. Kegiatan yang diawali dengan senam bersama ini juga menghadirkan Unsur Tripika Kecamatan, Pimpinan PT. Poso Energy, Pimpinan BUMN / BUMD, Pimpinan OPD, Tokoh-tokoh masayarakat, agama serta anak-anak sekolah.  
 

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, menandatangani prasati peresmian Patung Tugu Cruyt di Tentena, Jumat (1/2), (Antaranews Sulteng/PPID Poso)