Pemkab Poso dan Damri sinergi buka layanan transportasi Tentena-Manado

id Verna inkiriwang,Transportasi tentena ke manado,Damri,Bus damri,Rute tentena ke manado,Pemkab Poso,Bupati Poso,Verna Ink

Pemkab Poso dan Damri sinergi buka layanan transportasi Tentena-Manado

Bupati Poso Verna Inkiriwang menyampaikan sambutan pada peluncuran dan peresmian rute layanan transportasi bus Damri dari Tentena - Manado dan Manado ke Tentena, Kamis (12/10/2023). (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Poso)

Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, bersinergi dengan Perum Damri membuka layanan transportasi darat yang melayani rute Tentena, Kabupaten Poso, dengan Manado Provinsi Sulawesi Utara.

"Rute layanan bus Damri yang menghubungkan dari Tentena ke Manado dan dari Manado ke Tentena, merupakan satu layanan rute transportasi yang strategis," kata Bupati Poso Verna Inkiriwang, di Poso, Kamis.    

Bupati Poso Verna Inkiriwang telah meluncurkan dan meresmikan layanan transportasi rute Tentena ke Manado dan Manado - Tentena, berlangsung di Terminar Tentena, Kabupaten Poso.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Poso mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dinas Perhubungan dan General Manager Damri serta seluruh mitra yang telah bekerja sama untuk membuka rute strategis ini di Kabupaten Poso," kata Bupati.  

Kata Verna, rute bus Damri Tentena ke Manado dan Manado ke Tentena bukan sekadar sarana transportasi biasa, melainkan merupakan jembatan penghubung yang sangat penting bagi masyarakat.

Ia berharap bahwa terbukanya layanan transportasi dari Tentena ke Manado dan dari Manado ke Tentena, berdampak besar terhadap kunjungan wisatawan ke Poso.

"Dalam konteks Kabupaten Poso, transportasi yang lancar dan terjangkau memiliki dampak besar pada pengembangan ekonomi, pariwisata, dan konektivitas sosial. Dengan hadirnya layanan ini, kita membuka pintu lebih lebar untuk berbagai potensi pembangunan," ungkap Verna.

Layanan transportasi dengan rute tersebut, kata dia, mempermudah aksesibilitas masyarakat untuk melakukan perjalanan antar kota, mendukung sektor pariwisata, serta memajukan sektor perdagangan, jasa, dan industri antara Kabupaten Poso dan daerah sekitarnya.

Bupati Poso juga menyadari bahwa pembukaan rute ini juga mengandung tantangan yang perlu dihadapi bersama. Pelayanan yang lancar, aman, dan nyaman harus menjadi prioritas.

"Pengelolaan yang baik, keamanan, kebersihan, dan kenyamanan menjadi komitmen kita bersama dalam menyediakan pelayanan terbaik bagi masyarakat," tambahnya.

Dalam menghadapi tantangan ini, Bupati Poso mengajak semua pihak untuk bersinergi dan bekerja sama dengan pihak terkait, termasuk Damri, pemerintah daerah, aparat keamanan, dan masyarakat, untuk memastikan bahwa rute ini memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Poso.
Foto bersama pimpinan Damri Cabang Manado, Damri Cabang Palu, dengan Bupati Poso Verna Inkiriwang dan jajarannya pada peluncuran dan peresmian rute layanan transportasi bus Damri dari Tentena - Manado dan Manado ke Tentena. (Dok Prokopim Setda Pemkab Poso)